Archive for the ‘kuliner’ Category

Wisata Kuliner Lampung


Lampung merupakan daerah paling selatan dari Pulau Sumatera yang bersebelahan langsung dengan Selat Sunda. Tidak heran jika lampung memiliki banyak obyek wisata Laut yang indah seperti Krakatoa Nirwana Resort, Pasir Putih, Pantai Guci Batu Kapal dan lainnya. Selain itu Lampung juga amat popular dengan Gajah, akan tetapi apakah anda tahu jika Lampung pun banyak memiliki makanan yang lezat yang wajib anda cicipi jika berkunjung khususnya ke Kota Bandar Lampung.

Mie Pangsit Ayam

Bagi anda penyuka Mie, banyak sekali penjual mie ayam/ mie pangsit di Bandar Lampung. Favorit saya adalah Mie Koga yang berlokasi di daerah Kedaton tepat diseberang Pasar Kedaton , jika berkunjung kesana saya selalu memesan Mie Ayam dan Mie gorengnya.. Mie ayam Koga disajikan dengan ayam cincang, sawi dan dapat ditambah bakso yang juga lezattt . Dengan porsi yang cukup mengenyangkan mie ayam disantap dengan terlebih dulu diracik dengan sambal, saus tomat, plus acar bawang/timun/cabe bagi yang suka. Dijamin deh enakkk bangettt!! Harga 1 porsi Mie Ayam cukup murah hanya dengan Rp 12.000,-

Mie Goreng Koga pun memiliki cita rasa yang tak kalah lezat. Mi goreng Koga memiliki aroma yang harum sekali dan  disajikan dengan bakso ikan, bakso daging sapi, udang, telur, sawi, dan daging ayam pokoke enak enak enak!!! J Jika saudaraku di luar kota sedang berkunjung ke Lampung selalu ajak untuk makan di Mie Koga, dan itu biasanya sudah makan hari ini besoknya makan lagi hehehe… Untuk menikmati Mie Goreng Koga cukup dengan merogoh kocek Rp 15.000,-

Bagi anda penyuka Mie yang tipis2 alias kurus2 jangan lupa juga mampir ke Mie Simpur atau Mie Bandar Lampung, mie ini juga tak kalah lezat beberapa orang memilih kedua mie tersebut jadi favoritenya porsinya juga besar dengan harga yang relative sama.

Bakmi Jawa (Mie Khodon)

Selain itu ada juga Mie Lezat yang bercita rasa berbeda yaitu Mie Khodon yang berlokasi di daerah teluk betung berada persis di pertigaan Taman Dwipangga. Mie Khodon hampir mirip dengan Mie Jawa bedanya Mie Khodon sangat gurih karena menggunakan udang kering sebagai andalannya. Mie Khodon disajikan dengan telur bebek, kol, daging ayam, udang kering.. Pembeli Mie ini biasanya banyak yang menyantap makan di dalam mobil karena  tempat duduk yang cukup terbatas dan tak seimbang dengan jumlah pembelinya yang banyak..  Ada dua pilihan menu di sini yaitu Mie Rebus dan Mie Goreng, hanya dengan Rp 8000,- anda sudah dapat menikmati 1 porsi Mie Khodon.

Bakso Sony

Bagi anda penyuka Bakso, jangan lewatkan untuk mencicipi Bakso Sony yang sangat terkenal di Lampung yang sangat mudah ditemui  karena banyak memiliki 7 cabang resmi dan tersebar di Kota Bandar Lampung. Bakso Sony merupakan bakso daging sapi asli yang kenyal dan berserat, rasa lada hitam cukup dominan pada bakso dan kuahnya yang gurih dan lezat. Jika menikmati bakso ini favorit saya dengan manambahkan banyak cabe dan kecap manis. Tak heran jika setiap cabang Bakso Sony selalu dipenuhi pengunjung dan setiap pulang ke Lampung saya selalu menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk Bakso Sony beserta kerupuk bawang dan juice melon..mmm yummy!!

Pempek

Pempek merupakan makanan khas  Kota Palembang, walaupun begitu pempek sudah menjadi makanan favorit di Indonesia salah satunya adalah Kota Lampung. Untuk menikmati Pempek yang lezat tidak perlu jauh- jauh untuk pergi ke Kota Palembang, karena di daerah Teluk Betung tepatnya di daerah Kupang Raya, atau di daerah kampong sawah banyak dijual Pempek yang Lezat. Macam – macam pempek yang tersedia adalah Kapal Selam, Lenggang, Lenjer, Kulit, Keriting.Harganya bervariasi untuk yang kecil2 berkisar antara 1500-3500/bh, untuk jenis kapal selam berkisar 7500-10.000/porsi. Pempek ini juga dapat dijadikan sebagai oleh2 dari Lampung dengan dikemas secara khusus.

Pindang Patin & Seruit

Ada RM di daerah Panjang yang menyajikan pindang patin yang lezat sekali kuahnya gurih dan kaya rasa, penyajiannya biasanya dilengkapi dengan Seruit (makanan khas lampung ) yaitu ikan yang dicampur2 dengan sambal terasi , ada juga yang menambahkan tempoyak  dan lebih nikmat lg jika dimakan beramai2 bersama keluarga. sangat recommended walaupun harga di RM ini cukup merogoh kocek yang dalam hehe.

Oleh-oleh

Jika berkunjung ke Bandar Lampung kurang rasanya jika kita lupa untuk membeli oleh oleh khas daerah ini. Salah satunya adalah keripik pisang aneka rasa. Keripik pisang ini terbuat dari pisang ambon & pisang kepok (fav saya) dengan variasi rasa keju, coklat, manis, asin, balado, susu, strawberry, pandan dll. Toko yang paling rame dikunjungi adalah Yen-Yen yang terletak di daerah teluk betung juga walaupun sebenarnya keripik yang dijual di toko lainnya tidak kalah lezat. Merk fav Suseno & Aneka.

Untuk Merk Suseno punya variasi produk lain yaitu sambal goreng udang, rasanya gurih banget . Berbeda dengan sambal goreng biasa yaa, sambal ini penyajiannya kering dilengkapi dengan kentang yang garing jadi bisa tahan lama, kalo pulang kampong banyak teman yang titip sambal goreng udang ini . Pas banget kalo dicampur saat makan nasi yang hangat..

 

Kopi Lampung juga sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh. Aromanya sangat menyengat, bahkan tercium sebelum kita membuka kemasannya.Tapi hati2 ya harum kopinya bikin ketagihan hehe. Untuk kopi lampung merk fav saya adalah Sinar Baru.

Kalian tentu tidak asing denganSambal Lampung, bahkan Indofood pun membuat seri sambal khas lampung yang terkenal pedas. Bisa dicampur saat menyantap mie rebus, mie goreng, tahu & tempe goreng dan camilan lainnya. Anda dapat dengan mudah memperoleh sambal ini di toko oleh-oleh yang ada di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya.

Kerupuk Kemplang juga salah satu alternative oleh2 yang mudah dibawa karena ringan. Walaupun ringan tapi rasa kerupuk kemplang ini sangat gurih karena terbuat dari ikan tenggiri/belida, kemplang juga sehat krn dipanggang alias tidak digoreng  dengan minyak. Saat menyantap kemplang jangan lupa  dengan sambal pedasnya yang lezat..asyik banget nih buat nemenin acara ngobrol2 dirumah.

Sego Penyetan (Banyuwangi)


Salah satu kuliner favorit warga jogja.
Lokasinya ada di Jl. Kaliurang Km 9 dan Jl. Kaliurang km 5
di km 9 buka siang dan malam, di km 5 hanya malam aja. Sego Penyetan ini setiap hari selalu ramai dikunjungi mahasiswa juga keluarga.

Yang menarik disini adalah nasi yang dihidangkan pasti panas, ditambah sambal terasi yang sedap, dan lalapan daun singkong serta timun.
Menunya antara lain
Ayam goreng, pepes ikan, pepes ayam,pepes jamur, ikan goreng,telur, tempe & tahu dll.

sedikit intipan menunya 🙂 

Lebih menarik lagi karena kita bisa mendapatkan makanan yang sedap dan sehat hanya dengan kisaran harga Rp 5000 – 12000…
Pemilik dan karyawan2nya pun sangat ramah . Ga heran khan kalo tempat ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya.

 

 

Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu


BAHAN:
1 ekor ikan tongkol berat 500 gr
4 sdm air jeruk nipis dan 1 sdm garam
Rendaman:
6 siung bawang putih, haluskan
6 siung kemiri, sangrai, haluskan
4 cm kunyit, bakar, haluskan
1 sdm kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng

Sambal dabu-dabu:
15 buah cabai rawit merah, iris tipis
2 buah cabai merah besar, iris
8 butir bawang merah, iris
6 buah tomat sayur, iris
4 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
2 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT:

Siangi ikan, buang isi perutnya, lalu cuci. Lumuri dengan air jeruk nipis
dan garam, diamkan sebentar. Cuci bersih kembali, tiriskan.
Rendaman: campur bawang putih, kemiri, kunyit, kaldu bubuk rasa ayam,
garam, merica, dan minyak goreng. Lumuri ikan dengan bumbu rendaman lalu
diamkan selama 30 menit.
Panggang ikan di atas bara api atau oven hingga matang, angkat.
Sambal dabu-dabu, campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.
Sajikan ikan bakar dengan sambal dabu-dabu.

Untuk: 4 orang

Orak Arik Telur Saus Tiram


Bahan:
2 sdm margarine
5 butir telur
3 sdm saus tiram
1 1/2 sdm saus cabai botol
250 gr udang kupas
100 gr ayam goreng, suwir-suwir
250 gr cai sim, pisahkan batang dan daunnya, potong ukuran 3 cm
1 sdm kecap manis
1 sdm bawang goreng untuk taburan

Cara memasak:
1. Panaskan margarin, masukkan telur, aduk sebentar. Bubuhi saus tira, saus
cabai, udang dan daging ayam, aduk rata.
2. Masukkan daun cai sim, aduk sampai layu.
Masukkan pula batang cai sim, aduk dan tuangi kecap manis. Masak hingga matang.
3. Hidangkan dengan taburan bawang goreng.
Untuk 5 orang

Note:
Pisahkan bagian batang dan daun cai sim. Tekan-tekan batangnya dengan
gagang pisau, potong ukuran 3 cm. Potong bagian daun ukuran 3 cm dengan
menggunakan tangan, jangan menggunakan pisau agar tidak terasa pahit (tapi
sungguh deh aku tak tau logikanya..)

CEKER AYAM ASAM MANIS


BAHAN:
16 ceker ayam, cuci bersih, potong-potong
150 gr jamur kancing, iris
1 liter air
6 cabai merah besar, potong-potong
8 cabai hijau besar, potong-potong
10 cabai rawit merah
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 buah tomat segar
5 sdm kecap manis
1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu instan rasa ayam

Haluskan:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt terasi matang

Taburan: daun kemangi secukupnya

CARA MEMBUAT:

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cabai merah, cabai hijau, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
Masukkan ceker ayam, kecap manis, garam, merica, dan air, masak hingga ceker lunak.
Masukkan Kaldu instan rasa ayam, jamur, potongan tomat, dan kemangi, masak sebentar,angkat.
Sajikan hangat dengan nasi putih.
Untuk: 4 orang

Bubur Ayam a la HongKong


Bahan:
¼ kg beras, dicuci bersih
1 liter air
½ sdt merica halus
1 ekor ayam, dibelah dua
4 siung bawang putih
garam secukupnya
Telur secukupnya
2 sdm minyak goreng

Bahan Pelengkap:

5 buah cakwe diiris halus
2 sdm daun bawang/tongcay
1 sdm bawang goreng
kecap asin
sambal botol lampung

Cara Membuat:
Rebus ayam dengan 1 liter air dan sedikit garam. Setelah matang
angkat lalu tiriskan.
Lepaskan daging ayam dari tulang, potong berbentuk dadu atau disuwir-
suwir, sisihkan.
Tumis bawang putih dengan minyak panas sampai harum, masukkan beras,
merica, aduk rata selama 3 menit, angkat dari api.
Masukkan tumisan beras ke dalam sisa air rebusan ayam (kaldu), masak
hingga menjadi bubur.
Masukkan potongan daging ayam rebus, merica, dan garam.

Cara Menghidangkan:

Siapkan mangkok, pecahkan telur lalu letakkan dalam mangkok.
Tuang bubur panas-panas di atas telur.
Taburi irisan cakwe, daun bawang/tongcay, bawang goreng dan kecap
asin kalau kurang asin dan sambal jika ingin pedas.

Untuk 4-5 orang.

MISOA SAKURA


by ellyza

BAHAN:
75 gr misoa, seduh air panas, tiriskan
50 gr wortel, rebus sebentar, iris kecil
50 gr kapri, iris halus
1 batang daun bawang, iris halus
150 gr ayam cincang
1 sdt kaldu bubuk
3 batang sosis sapi, potong 2 cm, bentuk bunga
5 butir telur, kocok lepas
Minyak goreng secukupnya

BUMBU HALUS:
4 siung bawang putih
1/4 sdt merica
garam secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Campur bumbu halus dengan misoa, wortel, kapri, daun bawang, ayam cincang,
dan kaldu bubuk, aduk rata. Tambahkan dengan 3 butir telur, aduk rata.
2. Siapkan cetakan kue sakura, isi dengan adonan misoa, tambahkan atasnya
dengan satu potong sosis. Lakukan semuanya sampai bahan habis.
3. Panaskan panci pengukus, kukus misoa sampai matang, angkat, dinginkan.
4. Panaskan minyak, celupkan misoa ke dalam telur dan goreng sampai kekuningan,
angkat, tiriskan.
5. Sajikan dengan saus tomat atau saus cabai.

Untuk: 8 orang