Financial Plan Sedari Dini


Hidup di dunia merupakan misteri, hanya yang di Atas yang Maha Mengetahui rahasia dibalik hidup ini apakah kita akan sakit di usia produktif, mendapat musibah, PHK, sampai yang terakhir dipanggil menghadap Nya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mempersiapkan perencanaan keuangan sebaik mungkin agar tercapainya kehidupan yang nyaman bagi kita & keluarga.

Ada baiknya sebelum kita membahas lebih lanjut, kita perlu mengetahui apa itu financial planning secara umum? Financial planning dapat dikatakan juga Budgeting, yaitu membuat anggaran akan biaya dan income di masa yang akan datang seperti penyewaan, pembelian rumah, tabungan dll. Perencanaan ini dapat berupa investasi dalam berbagai macam portofolio.

Financial Planning merupakan salah satu topic yang sangat penting yang pernah kita pelajari, financial plan yang buruk dapat menyebabkan kita homeless, financial plan yang baik dapat memberikan kita dan keluarga kehidupan yang nyaman.

Financial planning terdengar rumit, tapi saya mencoba membahasnya secara simple akan tetapi penting untuk di terapkan dalam kehidupan, siapapun orangnya berapapun umurnya. Tentunya bahasan ini tidak mutlak harus serupa pada semua orang, karena tiap orang punya pilihan hidup sendiri- sendiri juga memiliki kemampuan dan target hidup yang berbeda-beda. Sehingga kita bisa memodifikasi nya dan membuat asumsi sesuai pribadi masing-masing.

Hal-hal yang utama dalam membuat Financial Planning:

  1. Menentukan Tujuan Hidup ( Life Goals)

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa target hidup kita, ada baiknya Kita tulis target itu pada pikiran kita atau pada selembar kertas jika kita takut lupa. Bayangkan rumah seperti apa yang kita inginkan, Pendidikan yang sebaik apa untuk anak-anak, Seberapa banyak tabungan yang ingin kita simpan, seberapa besar zakat yang ingin kita keluarkan, seberapa banyak saudara yang dapat kita bantu. Impikan segalanya, karena mimpi itu gratis hehehe.. Jangan pelit untuk bermimpi tetapkan cita-cita sebaik-baiknya dan berusahalah mencapainya.

 Yang harus diperhatikan pada tujuan hidup kita:

–          Pendidikan

Saat kita masih muda dan sudah memiliki penghasilan, apakah kita perlu melanjutkan ke S2, S3 atau cukup S1 saja.  Saat berkeluarga kita ingin anak kita bersekolah sampai jenjang apa dan sebaik apa dan dimana.

–          Pekerjaan

Apa jenis pekerjaan yang kita inginkan: bekerja kantoran 8-5 , ingin menjadi PNS, menjadi wirausaha, ingin memiliki passive income?

–          Gaya Hidup

Bagaimana kita ingin menjalani hidup.. Apakah mengisi kehidupan dengan bekerja, atau hidup santai menikmati hobby dan berbagai aktivitas. Mobil yang ingin kita miliki, high tech life style atau traditional life style

–          Tempat Tinggal

Dimana kita ingin tinggal di desa, kota, pinggiran. Setelah kita sudah mendapatkan lokasi, jangan lupa berapa besar rumah yang ingin dimiliki karena semuanya berpengaruh pada berapa anggaran yang harus kita siapkan untuk tempat tinggal.

–          Saat Tidak Ada Penghasilan

Kita perlu juga memperhitungkan, dimana kita akan hidup saat tidak memiliki penghasilan. Apakah menumpang di rumah orang tua atau saudara atau yang lainnya. Alangkah baiknya jika kita memiliki tabungan yang likuid dalam jangka waktu tertentu untuk mengamankan kehidupan kita.  Misal: tiba-tiba perusahaan tempat bekerja harus mem PHK 50% karyawan, kita termasuk didalamnya. Karena kita sudah mengalokasikan tabungan untuk biaya hidup 6 bulan kedepan, kita masih memiliki waktu untuk mencari pekerjaan lainnya, tanpa harus kehabisan uang.     

–          Asuransi

Salah satu yang pasti dalam hidup adalah tidak ada yang pasti dalam hidup. Kita harus mengasuransikan diri untuk hal yang terburuk. Asuransi adalah hal yang sangat penting dalam financial planning, karena setiap financial plan harus memiliki alokasi anggaran untuk asuransi.

           2. Rencanakan Pendapatan

Tentu saja Financial planning bukan hanya sekedar impian, akan tetapi pendapatan juga menjadi poin utama didalamnya karena kita harus memiliki pendapatan/  income untuk merealisasikan impian kita.

Beberapa bentuk sumber penghasilan:

–          Karir

Kuliah lalu Bekerja sebagai karyawan di Perusahaan orang lain, bekerja dengan tekun dan ulet kunci sebagai keberhasilan karyawan dan bisa mencapai karir yang sukses sesuai target yang di rencanakan.

–          Business Owner

Memiliki usaha sendiri menjadi impian banyak orang, sangat mungkin dilakukan oleh semua orang. Baik skala kecil maupun besar.

–          Investasi

Investasi merupakan hal yang sangat baik untuk menambah kekayaan, jika kita memiliki uang yang menganggur lebih baik di investasikan. Bentuk investasi bisa bermacam-macam dari yang low risk (low return) sampai high risk (high return) contohnya: deposito, emas, tanah, asuransi unit link, property, valas, saham dan lain sebagainya.

Tentu saja masih banyak lagi sumber-sumber penghasilan yang dapat diperoleh, dibanding hanya bergantung pada gaji bulanan sebagai karyawan. Beberapa dari kita perlu membuat usaha penyewaan rumah, penyewan kos-kosan, penyewaan apartemen, menulis artikel/buku, menjadi photographer, menjadi developer, mengajar dan lainnya. Tentu saja, karena banyak cara untuk menghasilkan uang, pikirkan lah dengan baik adakah cara yang paling cocok untuk kita untuk menambah penghasilan?

        3. Membuat Financial Plan

–          Buat Target per jangka waktu

Membuat target misal 5 th kedepan ingin menjadi apa, 10 th kedepan, 15 th kedepan dst. Faktor-faktor dibawah ini sebagai criteria yang harus dicapai untuk mewujudkan target :

  • Telaah kebutuhan Hidup Utama

Kebutuhan hidup saat ini + 6% inflasi per th. Jangan lupa masukkan biaya asuransi dan anggaran tabungan dana pensiun ke biaya hidup ini.

  • Kebutuhan Hidup utk Have Fun

Hitung juga kebutuhan hidup untuk hal 2 yang bersifat Luxurious. Contoh Rumah yang bagus, Mobil yang bagus, pendidikan yang berkualitas.

Jumlahkan kebutuhan hidup bulanan, dan sisihkan tabungan untuk kebutuhan hidup have fun. Jangan lupa sisihkan juga tabungan anda untuk dana cadangan 6 bulan (sewaktu-waktu terdapat hal-hal yang menyebabkan income berhenti) kita masih memiliki dana cadangan untuk hidup sambil mencari peluang lain untuk mendapatkan penghasilan.

  • Tetapkan Income Strategy

Hal termudah untuk menghitung penghasilan adalah Gaji yang kita peroleh. Jika penghasilan yang kita miliki saat ini belum mencukupi target kebutuhan hidup kita, ada baiknya kita mencoba peluang lain untuk mendapatkan penghasilan. Kita juga dapat menambah penghasilan dari berbagai sumber lainnya ex. Internet marketing, online shop, pedagang, atau bisa juga hobby kita yang dapat menghasilkan uang seperti fotography dan masih banyak lagi peluang untuk mendapatkan rezeki.

  • Rencanakan Investasi

Investasi dapat melindungi kekayaan kita dari pengaruh Inflasi, dibanding hanya menyimpan uang kas yang tidur. Contoh investasi yang bisa kita lakukan tanah, emas, property, obligasi Negara (ORI), Saham, Valas dll. Pastikan kita memahami apa yang kita investasikan. Melakukan diversifikasi investasi adalah hal yang baik, disaat salah satu investasi sedang menurun kinerjanya, bisa tertutupi oleh peningkatan hasil dari investasi lainnya. Investasi yang paling saya sukai adalah Tanah & Emas, walaupun investasi ini sifatnya jangka panjang akan tetapi nilainya tidak pernah turun. Emas tidak bisa membuat kita menjadi kaya raya, akan tetapi emas dapat menjaga kita agar tetap kaya. Tanah adalah asset yang tidak ada nilai depresiasinya, semakin baik lokasinya siap2 saja menjadi kaya hehehe.

 Ingat-ingatlah cost & income yang mungkin terjadi dalam pencapaian target kita.. Walaupun sulit rasanya untung menghitung segala sesuatunya dengan pasti, akan tetapi optimislah kita dapat mencapai apa yang kita cita-citakan.

 Kunci membuat Financial Planning yang baik

Membuat financial planning adalah hal yang tidak sulit, tetapi butuh rasionalitas & kreatifitas. Kita harus realistis untuk menilai situasi kita saat ini, kreatif melihat apa yang mungkin kita capai, dan memiliki integritas untuk mengikuti rencana yang sudah kita buat dengan disiplin ( hal ini lah yang tersulit).

Financial planning bukan lah tentang bagaimana mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk mencapai kebahagiaan, akan tetapi bagaimana kita merubah hidup kita sesuai apa yang kita harapkan dalam hidup “Kebahagiaan”. Jika financial plan yang kita buat tidak membantu kita menggapai kenyamanan financial, maka financial plan kita gagal. Walaupun kita milyoner akan tetapi kita tidak tau mau diapakan uang kita, maka financial plan kita gagal..

Quote dari  Ayn Rand:

“Money is only a tool. It will take you wherever you wish, but it will not replace you as the driver. It will give you the means for the satisfaction of your desires, but it will not provide you with desires.”

 

 

  Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Financial_plan

http://learnfinancialplanning.com/how-to-write-a-financial-plan/

3 responses to this post.

  1. Nice posting..^^

    Reply

  2. wow artikel yang arus

    salam kenal
    http://januronline.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: