Pelajaran dari Kasus Merrill Lynch dan Lehman Brothers


Artikel ini ditulis oleh http://suryosumarto.com/ , kurang lebihnya aku sangat setuju dengan saran-saran dan kenyataan yang ada.

Walaupun apapun itu semua pasti ada resikonya, yang terpenting kita menjalaninya sesuai proporsi yang semestinya..

Saya sendiri cenderung untuk memilih dan punya impian sebagai Business Owner bukan sebagai Employee (walaupun saat ini saya masih berstatus Employee).. Sama-sama beresiko akan tetapi minimal dapat membantu membuka lapangan kerja, menambah pemasukan negara, juga punya kebebasan waktu , syukur-syukur kebebasan financial.

 

Ada baiknya artikel dibawah ini dibaca untuk menumbuhkan sikap siaga jika suatu saat kita mengalami masalah yang sama, dan terbuai pada “comfort  zone” saat ini.

 

 

Bangkrutnya Lehman Brothers dan akuisisi Merrill Lynch oleh Bank of  America  mengingatkan kita bahwa dengan kondisi perekonomian dunia yang tidak menentu seperti sekarang ini tidak ada satu pun pekerjaan yang bisa dianggap  sebagai “secured jobs”                                                                               

   

Sekitar awal tahun 2000 ada sebuah artikel di  majalah terbitan luar negeri yang menceritakan betapa kerasnya usaha ribuan orang lulusan  program MBA dari berbagai business school ternama di seluruh penjuru Amerika Serikat berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan di Wall Street, khususnya pekerjaan di investment bank terkemuka, seperti Merrill Lynch, Lehman Brothers, Goldman  Sachs atau Morgan Stanley.                                                                      

 Selain soal gengsi (karena sebagian besar investment bank terkemuka  tersebut hanya mempekerjakan lulusan terbaik), banyak yang mengincar untuk  bekerja disana karena tergiur dengan tawaran gaji dan berbagai benefits luar  biasa yang  ditawarkan.   

 

Banyak yang beranggapan bahwa bekerja di investment bank kelas kakap di Wall Street merupakan sebuah pilihan yang aman. Tapi dengan perkembangan yang terjadi beberapa hari terakhir ini, siapa yang menyangka bahwa Lehman Brothers bisa bangkrut? Lehman Brothers sendiri mulai beroperasi sejak tahun 1850.

Siapa pula yang menyangka bahwa Merrill Lynch ternyata bisa diakuisisi  oleh Bank of America?     

  

Pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian ini hanya satu, bila anda saat ini masih bekerja sebagai employee (di perusahaan mana pun itu – apakah itu perusahaan nasional ataupun multinasional) ingatlah bahwa tidak ada satu orangpun yang bisa menjamin 100% bahwa anda akan aman berkarir seterusnya di perusahaan tersebut. Karena dengan perubahan yang sedemikian cepat dan kondisiperekonomian dunia yang makin sulit diprediksi, perusahaan paling besar  sekalipun bisa saja gulung tikar minggu depan.  

 

(Bukan bermaksud memprovokasi) Jangan pernah  sesekali berani memproklamirkan diri sebagai employee yang loyal kepada  perusahaan, karena Perusahaan tidak bisa menjamin apakah mereka juga akan bisa loyal kepada anda. 

 

 Beberapa hal yang perlu juga dipertimbangkan adalah:                    

  •   Dengan kondisi seperti sekarang ini, jangan pernah bersikap loyal kepada Perusahaan,  tapi bersikaplah loyal kepada profesi anda.   
  •                                                                                                                      
  •   Cintailah bidang pekerjaan anda, terus asah dan perdalam pengetahuan anda  mengenai beberapa aspek spesifik di bidang yang betul-betul anda minati, karena saat ini dalam pengamatan saya makin banyak perusahaan yang mencari seorang  spesialis dibandingkan seorang generalis.                     
  •   Jangan lupa untuk selalu membuka mata dan telinga lebar-lebar bila memang ada sebuah kesempatan untuk meningkatkan karir diluar sana.         
  • Dan mungkin ini yang paling penting, kecuali anda adalah seorang pegawai  negeri sipil yang bekerja di Indonesia, lupakan yang namanya “comfort  zone” dan “job security” — those are totally bullshit!   

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: