Bisnis Laundry Menguntungkan


Bisnis Laundry di Indonesia saat ini cukup diminati oleh masyarakat. Baik laundry high class maupun laundry kiloan yang target marketnya adalah mahasiswa.
Bisnis laundry juga sudah mulai menjadi franchise yang berpotensi baik. Sebenarnya aku ga mau bahas detil tentang bisnis laundry tapi mau membandingkan bisnis laundry di indonesia dan di India hehhee

Di Indonesia laundry berlokasi di ruko-ruko atau rumah pribadi, menggunakan seterika masa kini dan bermerk, melayani antar jemput bisa telp ato sms, antar jemput menggunakan motor, menggunakan mesin cuci minimal buka didepan, tidak lupa sabun wangi dan pengharum pakaian.

bandingkan dengan ini…..

untitled.jpg

Ini adalah jasa laundry keliling di salah satu kota besar di India (Bangalore) yang terkenal akan kemajuan tekhnologinya. Banyak biaya yang bisa dihemat dengan jasa laundry seperti ini tidak butuh listrik, tidak butuh bensin, tidak butuh sewa tempat, tidak butuh apa lagi yaaa?? hehhee
coba bayangkan laundry seperti ini pasti bisa dijadikan alternatif potensi bisnis bagi kalangan bermodal kecil, selain itu hemat energi juga. Secara kita harus hemat listrik dan bensin khan hehehhee

28 responses to this post.

  1. Posted by alwin on February 18, 2008 at 11:06 pm

    buka bisnis laundri dmna

    Reply

  2. yeeeeeee…klo yang kayak gt bakal kejamin ga kebersihan dan keharumannya…hehehehe secra tempat nya dipinggir jalan trus bakal kena asep kendaraan yang pasti ga sedikit nempel di pakaian laundry nya

    Reply

  3. Posted by kartikasari08 on February 26, 2008 at 10:14 am

    Ya kalo ga tambah kelambu deh biar aman dari nyamuk ( loh ! salah ya hehehhe)

    Reply

  4. Posted by kartikasari08 on February 26, 2008 at 10:15 am

    Mas Alwin blum bisnis laundry kok… baru berangan2 seandainya ada laundry ky yg diatas gimana yaaa??

    Reply

  5. Posted by Brigita Kingkin Pitanigrum, SE on July 29, 2008 at 5:05 pm

    kapan bisa buka launndry kayak gitu diyogyakarta

    Reply

  6. Posted by widarto on August 13, 2008 at 5:05 am

    wah hebat tuh perlu dicontoh ide2 gila dan mungkin diluar pemikiran kita. mmg kita perlu berpikir diluar kotak pemikiran kita, hny sj bener perlu dipikirkan tujuan awalnya kt menawarkan jasa cuci kan untk mendapatkan hasil bersih rapi dan wangi jd jg terbuka gt.

    Reply

  7. Posted by aryodiponegoro on November 30, 2008 at 4:43 am

    lagi gugling tentang bisnis laundry… eee kok ya nyasar ke tempat njenengan… hehehe
    lucu juga tuh yang di India….
    bisa gak ya ???

    Reply

  8. Posted by agree on December 3, 2008 at 5:54 am

    aku lagi pengen buka laundry nie….bisa kasih info lengkap all about laundry g?

    Reply

  9. Posted by ekascorner on December 8, 2008 at 3:00 pm

    terus di update dong mbak infonya,thanks ya

    Reply

  10. Posted by Racoon on December 14, 2008 at 1:38 am

    dalam bisnis itu ada point service quality..
    mungkin SQ di india baru sampai situ, tapi tentunya beda dengan org indonesia level SQnya..

    jadi di pikir2 lagi buat bisnis laundry spt di india, jangan2 gak ada marketnya..;)

    Reply

  11. Posted by kura on December 18, 2008 at 9:11 am

    cailaaaaa…
    dibawah pu’un, adem bennerrr…

    kalah saingan deh laundry kiloan…
    ada yang lebih praktis dan murah dan weleh..weleh..

    Reply

  12. hehe,

    pic nya benar2 ‘memberi inspirasi’ tentang bisnis laundry

    di indonesia ada ngga ya yg kyk gitu??

    INGIN TAHU LEBIH BANYAK TENTANG BISNIS LAUNDRY ??

    klik –> http://super-wash-laundry.indonetwork.co.id/

    Reply

  13. Posted by kempot on April 20, 2009 at 5:06 am

    Sebagai pemula untuk usaha laundry saya sangat kecewa. Saya sangat kecewa dengan paket bisnis dari Superwash Laundry. Awalnya saya bisa tertarik dengan Superwash Laundry karena promosinya yang gencar di internet baik tentang paket bisnis serta kualitas yang dijanjikan akhirnya saya memutuskan meakai jasa paket bisnisnya dan juga dengan harga yang ditawarkan yang memang terjangkau dan sesuai dengan budget pemula di usaha laundry ini.
    Namun ternyata dalam pelaksanaannya, pelayanan yang diberikan oleh Superwash sungguh mengecewakan dan jauh dari apa yang dijanjikan. Sama sekali tidak sesuai dengan semua promosi-promosinya di internet. Mulai dari pelaksanaan perancangan outlet, training pegawai hingga yang paling penting bahan baku dengan kualitas buruk sampai-sampai saya menerima banyak komplain dari pelanggan di awal saya mulai launching laundry saya.
    Ketika saya komplain kepada pemilik paket bisnis atau franchisor Superwash Laundry, tanggapan yang saya terima malah anjuran untuk mencari sendiri bahan baku lain yang lebih berkualitas dan ketika saya meminta hak-hak saya yang pernah dijanjikan di internet saya pun sempat dibentak karena si pemilik menganggap saya bawel dan terlalu perhitungan. Padahal yang saya tuntut hanyalah hak-hak saya yang memang sudah seharusnya dia berikan pada mitra bisnisnya seperti kualitas bahan baku dan pelayanan yang memuaskan seperti yang digembar-gemborkan di internet. Sungguh sangat mengecewakan perilaku dan sikapnya.
    Benar-benar banyak kerugian yang saya alami,namun pandangan saya terhadap bisnis laundry ini tetap memiliki prospek yang bagus hanya kita harus hati-hati dalam memilih mitra bisnis kita, Semoga apa yang pernah saya alami tidak dialami oleh pihak lain sehingga bagi para pemula bisnis seperti saya bisa tetap terus eksis.

    Reply

  14. Posted by sugeng on April 24, 2009 at 3:34 am

    Bener mas…saya juga dikecewain banget sama Superwash Laundry…awalnya saya tau dari indonetwork..ternyata pengerjaannya sering telat dan g sesuai dengan janji-janjinya…keliatan emang si pemiliknya itu g ada pengalaman yang cukup di Laundry,kerjanya seenaknya aja…

    Reply

  15. Posted by rinta-cutie on May 9, 2009 at 4:50 pm

    ikut nimbrung aahh. . .hehehe. . .
    masa siy mz kempot? coz nteQ juggag poenya super wash di jawa, and bisnisny berkembang pesat. . .
    niy nteQ malah mo nambah mo buka di kalimantan. . .
    waaahh. . .ko bs beda bgtz gt iiaahh storyny??
    coz dr critany nteQ gituh super wash bagus dech. . .harga paketny murah. . .tp kualitasny busyeeettt dech. . .Top bgtz katany. . .

    Reply

  16. Posted by rinta-cutie on May 9, 2009 at 5:24 pm

    masa siy super wash gituh?
    setau gw si g……..
    coz aunty gw pny Super Wash di jawa..bisnisny gilee donk..pesat bgd..
    niy malah dy mw open jugag ke kalimantan katany…..
    waaaaaaaaaaaaaa.. entrepreneur sejati deeech…
    pengen dech gw kek aunty gw…
    heheheee…..

    Reply

  17. Posted by kempot on May 17, 2009 at 6:00 am

    iya kali mbak rinta ni yang ony super wash cape de itu…duh g mungkin kaleeee bisa pesatttt yang punya aja culun..g tau apa2…bisanya cm mringas mringis doank..pesat???di laut kali pesatnya…bahan2nya aja kualitas kampungan lo mbak..

    Reply

  18. Posted by mahfud on May 22, 2009 at 5:39 pm

    yah namanya bisnis kadang kata-katanaya menggiurkan tapi……………………………………..

    Reply

  19. Posted by yenni mitra super wash on June 4, 2009 at 2:57 am

    hmm, hati” ‘kempot’ bs kena pencemaran nama baik loh…, kata” yg digunakan jelas” berniat menjelekkan pihak super wash nih sy udh lihat d dua forum spt ini

    sy yenni, sdh 1,5 thn mjd distributor produk laundry d jawa dan jual produk super wash utk deterjen n pewanginya dan ga pernah ada problem tuh, kl softener kebetulan sy ambil dr tempat lain dr dulu,
    ni kmrn baru aj beli 25 botol pewangi n 20 kg deterjen yg gold…
    pelanggan sy jg senang kok dg kualitas n harganya, agen2 penjualan jg lancar semua

    btw sy sekarang ambil franchise super wash paket simple, lg tahap pengerjaan…, sy setuju dg mb rinta pelayanan kerjasama franchise nya super wash bagus kok, ramah n bener” dibimbing, bahkan sy sering telpon berkali-kali utk bertanya masalah pemilihan lokasi usaha yg bagus dan dilayani dg sabar sekali dan profesional di bidangnya, bener” dibantu dg super wash

    sy tahu banyak tentang hukum, dan sy rasa perbuatan ‘kempot’ ini sudah sangat merugikan seluruh mitra2 super wash, sebaiknya ‘kempot’ segera meminta maaf atas hal ini

    Reply

    • Posted by alfi on August 5, 2009 at 3:54 am

      untuk semua yg sudah menjadi franchisee-nya superwash, boleh dibagi SOP dari superwash seperti apa. biar bisa sharing…

      Reply

  20. Posted by michael_jimmy on June 8, 2009 at 4:01 am

    betul bu / mbak yenni, saya juga ndak setuju dengan ‘mas / mbak kempot’…

    saya ambil waralaba super wash di jakarta, berdua dengan rekan saya,

    menurut kami manajemen super wash service nya bagus, mereka punya layanan nya juga oke, paket bisnis nya lengkap banget dengan harga se-hemat itu ya sudah dapat furniture+mesin laundry+bahan baku[note:kualitas nya bagus juga kok sebanding seperti merk lain]+promotion tools dll,

    terus lagi sistem kerjasama nya adil, kami sudah mou dan berjalan lancar semua

    kami yakin tidak ada yang sempurna ya namanya kerjasama 2 pihak, tapi penilaian kami manajemen super wash punya komitmen dan dedikasi yang bagus, bahkan kemaren waktu kunjungan ke tempat kami, ownernya sendiri memberi contoh karyawan kami gimana cara kasih brosur ke pelanggan, kami juga pernah lihat-lihat outlet super wash yang baru ada di jak-sel juga rame sekali seperti tempat kami,

    saya tidak tahu ya keluhan ‘mas / mbak kempot’ itu sepertinya terlalu berlebihan deh apalagi kata-katanya yang digunakan terlalu emosional dan sepertinya tidak tepat berada di forum ini..
    yang damai-damai saja lah ya..
    peace buat ‘mas / mbak kempot’

    and god bless u all my friend

    Reply

  21. Posted by sarah_mutz on June 9, 2009 at 1:29 am

    iya dech…
    gw ga setuju…
    laundry gw di bekasi pake pewangi ma detergenya superwash tuh…
    sejauh ini c ga pernah ada complain dr custome gw..

    kempot lebai tuh….

    gw c puas2 aja ma pelayanannya…
    brg2 pesenan gw nyampe tepat waktu, dan yang gw suka pas gw minta cepet, pihak super wash tanggap bgt..

    sip bgt deh….

    ^_^

    Reply

  22. Posted by prio on June 19, 2009 at 3:46 pm

    kampret kabeh…… mau usaha kok gak sabaran…

    maunya modal kecil.. laba besar…gak ada masalah…

    apa ada yang kayak gitu ??

    Reply

  23. Posted by anthony on September 13, 2009 at 6:23 am

    pak michael_jimmy sdh buka dimana?boleh dong kunjungi outletnya..kmana bisa hubungi pak michael_jimmy. thnks

    Reply

  24. Posted by wiwin on October 4, 2009 at 12:54 pm

    aku ingin sekali buka laundry, tapi ilmu tentang laundry g da sama sekali…mohon infonya ya yang lengkap…..thanx

    Reply

  25. Posted by ela on October 26, 2009 at 6:25 am

    saya sebenarnya lagi pengin bgt buka laundry, mohon dech saya di kasih masukan apa aja yg harus saya persiapkan..

    Reply

  26. hehe gambarnya lucu juga yach dan keren abis jadi semangat kerja nich😀

    Reply

  27. mantap artikelnya… hehe… ada temen -temen banyak tanya apakah masih prospek.

    kebanyakan yang team usaha laundry riset kesempatan ini masih terbuka lebar karena tingginya komplai juga di usaha laundry.
    1 karena apek
    2 karena pelayanan kurang bagus ketukar bajunya

    untuk membuka usaha laundry harus dilakukan karena suka usaha ini dan harus sepenuh hati jangan ikut2an dan mengambil keuntungan sesaat saja.

    ok tetap semangat semuanya itu dari kami

    Terima Kasih boleh komen disini
    tetap semangat

    kunci sukses
    usaha laundry

    Reply

Leave a Reply

