Mau memulai dan menjalankan bisnis, baca dulu yg ini….


Sebelum kita benar 2 memulai suatu bisnis ada baiknya tau hal berikut:

1. Mulai bermimpi pingin punya bisnis apa aja yaaaa??
siapkan berbagai alternatif untuk berbisnis, sehingga jika gagal kita masih memiliki alternatif bisnis yang lain.

2. Siapkan business plan yang baik contohnya analisis SWOT (Strength Weakneses Opportunity Threat), Break Event Point (BEP), Kesejahteraan Karyawan.

3. Jika belum memiliki modal, carilah investor untuk bisnis kita dan pastikan kita dapat dipercaya dalam menjalankan bisnis ini.
        Untuk meminjam uang pada bank memang cukup sulit jika kita belum memiliki jaminan. Sehingga biasanya pinjaman bank dilakukan setelah bisnis sudah berjalan dan kita berencana untuk expand menjadi lebih besar.

4. Awali bisnis kita dengan berdagang, tetapi jangan juga kita memilih bisnis yang jangka pendek krn kalo begitu akan jadi pedagang terus dong hehee..

5. Pisahkan keuangan bisnis kita dengan pribadi. Biarkan bisnis mengaji kita layaknya seorang karyawan.

6. Hire accounting staff yang baik dan jujur untuk memantau profitability dan asset growth…
            Memiliki laporan keuangan seperti Lap Rugi Laba dan Neraca dapat membantu mengukur keberhasilan berjalannya suatu bisnis, serta dapat dijadikan dasar bagi investor untuk berpartisipasi dalam bisnis kita.

7. Pisahkan staf pencatatan dengan kasir (jika tidak, dapat memudahkan penyelewengan uang)

8. Seiring dengan berjalannya bisnis, rancanglah suatu sistem yang baik untuk menunjang efisiensi dan pengendalian internal.

    Sistem yang baik dapat menjadikan bisnis dapat berjalan tanpa kita terlibat langsung.. Tentu saja kita harus tetap mengontrol perkembangan bisnis dan menjaga hub dengan karyawan dg baik.

Teori memang mudah tetapi prakteknya cukup sulit. Kalau tidak dicoba kapan bisanya yaaa hehehe…
maybe yes maybe no!!!

4 responses to this post.

  1. wah, pokoknya keren abiiis

    Reply

  2. Posted by kikoy on May 9, 2008 at 12:06 pm

    hiiiiiiiiiiiii,
    ketemu lagi ???
    beberapa bulan yang lalu tepatnya waktu liburan semester bulan tujuh, saya punya plening bakaln bikin usaha toko roti di terminal, kerna berbagai pertimbangan yaitu kalau orang pulang kampung pasti beli oleh-oleh buat di bawah pulang,tapi dananya kurang buat beli roti di tempat bermerek,tapi sayang nggak kesempaian coz terhambat biaya n nggak tau harus mulai dari mana, pengennya selesai kuliah mau merealisasikan tapi binggung.mohon bantuanya

    Reply

  3. Siiip deh, kalau mau bisnis kecil-kecilan, tanpa modal besar, pekerjaanya ringan, tapi keuntunganya terus menerus, bisa hubungi aku di titian.amalia@yahoo.com Dijamin Enak deh…

    Reply

  4. hiii.. ok … thanks brow

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: