PP No 42 Tentang Franchise


Mulai bulan juli 2008 pemerintah akan memberlakukan peraturan terhadap sistem waralaba di Indonesia. Peraturan ini mengatur dimana pewaralaba/ franchisor harus mendaftarkan bisnisnya pada Departemen Perdagangan, dan terwaralaba harus memberikan keterangan tentang perjanjian waralaba kepada Depdag.

Hal ini dipastikan dapat mengurangi bisnis yang mengklaim dirinya adalah waralaba,tetapi juga dapat menyelamatkan pihak2 yang tertarik untuk menjadi franchisee.

Untuk bisnis waralaba yang sudah mapan mungkin persyaratan ini tidaklah sulit untuk dicapai, akan tetapi bagi yang belum memenuhi kriteria waralaba dapat dipastikan akan beralih ke “Bisnis Opportunity ” yang peraturannya tidak terlalu ketat.

Tujuan pemerintah menerapkan peraturan ini adalah untuk menertibkan usaha waralaba dan melindungi para pebisnis dan calon pebisnis waralaba. Selain itu, dapat juga meningkatkan daya saing franchise lokal terhadap franchise asing yang telah merajalela.

 Selama ini banyak usaha yang sebenarnya merupakan bisnis opportunity akan tetapi mengklaim dirinya adalah waralaba. Banyak juga yang sebenarnya belum mampu menjamin perolehan keuntungan yang pasti dengan bergabung pada bisnisnya, tapi telah berhasil menjual brandnya sebagai franchise… Oleh karena itu dengan adanya peraturan ini, kemungkinan terjadinya korban yang kurang memahami prinsip waralaba itu sendiri dapat dihindari.

PP Waralaba (pasal dan ayat terpilih)

Pasal 1(1) Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Pasal 3 Waralaba harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

a. memiliki ciri khas usaha;

b. terbukti sudah memberikan keuntungan;

c. memiliki standar atas pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis;

d. mudah diajarkan dan diaplikasikan;

e. adanya dukungan yang berkesinambungan;

f. Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar.

Pasal 8 Pemberi waralaba (franchisor, pewaralaba) wajib memberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan, bimbingan operasional, manajemen, pemasaran, penelitian dan pengembangan kepada penerima waralaba (franchisee, terwaralaba) secara berkesinambungan.

Pasal 9 (1) Pemberi waralaba dan penerima waralaba mengutamakan penggunaan barang dan/atau jasa hasil produksi dalam negeri sepanjang memenuhi standar mutu barang dan/atau jasa yang ditetapkan secara tertulis oleh pemberi waralaba. (2) Pemberi waralaba harus bekerja sama dengan pengusaha kecil dan menengah di daerah setepat sebagai penerima waralaba atau pemasok barang dan/atau jasa sepanjang memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi waralaba.

Pasal 10 (1) Pemberi waralaba wajib mendaftarkan prospektus penawaran waralaba sebelum membuat perjanjian waralaba dengan penerima waralaba.

Pasal 11 (1) Penerima waralaba wajib mendaftarkan perjanjian waralaba.

sumber:ramli31.blogspot.com/

8 responses to this post.

  1. saya mahasiswa fakultas hukum UNPAD sedang mengerjakan skripsi mengenai indikasi terjadinya praktek monopoli dalam usaha waralaba setelah dikeluarkannya PP 42 tahun 2007. khususnya mengenai pasal 9 ayat 2 yang menyatakan bahwa pemberi waralaba harus bekerja sama dengan pengusaha lokal dan pemasok barang dan jasa sepanjang memenuhi ketentuan yang ditentukan oleh pemberi waralaba.pasal ini menimbulkan indikasi praktek persaingan usaha tidak sehat karena ada kemungkinan untuk menetapkan pemasok barang hanya tunggal dan permasalahan lain adalah pengusaha kecil dan menengah bertentangan dengan pengertiaan dalam uu ukm. saya membutuhkan contoh perjanjiannya. semoga anda dapat membantu saya. terima kasih

    Reply

  2. Posted by kiki on April 22, 2008 at 7:00 am

    saya sangat tertarik dengan judul skrip saudara,saya dari fakultas ekonomi jurusan akuntansi sangat ingin membuat skripsi tentang waralaba atau tentang fungsi laporan keuangan dalam pembagian keuntungan,mohon bantuannya

    Reply

  3. Posted by kartikasari08 on April 23, 2008 at 2:02 pm

    Hallo Kiki salam kenal,
    wah bagus tuh ide skripsi mu menimbang waralaba sekarang sedang booming dan banyak orang yang merasa perlu lebih dalam memahami laporan keuangan (kebetulan aku juga lulusan akuntansi loh). Laporan keuangan pada waralaba amatlah penting baik bagi franchisee (terwaralaba) maupun franchisor, karena laporan keuangan tidak sekedar angka2 tapi juga berfungsi sebagai penghubung bagi masing2 pihak terkait dengan royalty yang biasanya % dari laba. Selain itu laporan keuangan juga bisa sebagai alat dalam menilai kondisi keuangan juga pertumbuhan finansial, jadi masing2 pihak dapat mengambil keputusan untuk masa yang akan datang bagi keberhasilan bisnis.. wah kalo dibahas lebih lanjut banyak banget nich hehehhee… semoga lancar ya skripsinya!

    Reply

  4. Posted by chim@ on May 3, 2008 at 3:46 am

    pengen banget punya usaha waralaba di daerah mataram, usaha kecil-kecilan bereng temen-temen kampuz,,,,,,,,,,sekalian terapin ilmu gitu… nambah temen, relasi, ma money kalee…xexe….
    pulang kampuz pada laper gitu jadinya seru kali ada tempat nongkrong yang asyik, sambil ngomongin materi kuliah yang udah dibahas, perut kenyang ilmu juga masuk,, setuju nggak ??? ya iyalah!!!!

    Reply

  5. Posted by kiki on May 6, 2008 at 7:33 am

    tangks buat kartika atas suportnya,tapi trus terang ajak pembuatan skripsi lagi madat, berhubung tempat penelitiannya nggak dapat2, so mohon bimbinhan dan saranya, alamat emailku: kikoy_mp@yahoo.com,plisssssss

    Reply

  6. Posted by indra on November 21, 2008 at 7:16 am

    saya indra mahasiswa dari solo…saya sedang ngerjain skripsi tentang franchise judulnya efektifitas akuntansi penjualan franchise…bagi temen2 yang lagi bikin skripsi ttg franchise juga mohon kirim email ya ke indra_papsz@yahoo.com sapa tau kita bisa saling sharing bareng ya,,,,thanks..

    Reply

  7. Posted by Atika Dian on June 16, 2009 at 3:11 am

    haii…sy mw mnta tlg…ada data kah mngnai cnth franchise swtu usaha n bgmn sistem ny? pembagian keuntungan dll? krn sy btuh bgt dlm wkt dkt ni,plg lmbt bsk…krn ada tgs akhr kewirausahaan…n sy ingn mempelajari sstm waralaba tsb bgmn untk kmudian d aplikasikan dlm rencana studi kelayakan bsnis sy ttg The Coffee Shop. Tlg dkrm k email sy sgra: dlovez170308@gmail.com thx. Mhn bntuannnyaaa^^

    Reply

  8. hy brow… gmana caranya ndaftarin bisnis wara laba q.. tlng infonya yak.. thx

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: