Wisata Kuliner Lampung


Lampung merupakan daerah paling selatan dari Pulau Sumatera yang bersebelahan langsung dengan Selat Sunda. Tidak heran jika lampung memiliki banyak obyek wisata Laut yang indah seperti Krakatoa Nirwana Resort, Pasir Putih, Pantai Guci Batu Kapal dan lainnya. Selain itu Lampung juga amat popular dengan Gajah, akan tetapi apakah anda tahu jika Lampung pun banyak memiliki makanan yang lezat yang wajib anda cicipi jika berkunjung khususnya ke Kota Bandar Lampung.

Mie Pangsit Ayam

Bagi anda penyuka Mie, banyak sekali penjual mie ayam/ mie pangsit di Bandar Lampung. Favorit saya adalah Mie Koga yang berlokasi di daerah Kedaton tepat diseberang Pasar Kedaton , jika berkunjung kesana saya selalu memesan Mie Ayam dan Mie gorengnya.. Mie ayam Koga disajikan dengan ayam cincang, sawi dan dapat ditambah bakso yang juga lezattt . Dengan porsi yang cukup mengenyangkan mie ayam disantap dengan terlebih dulu diracik dengan sambal, saus tomat, plus acar bawang/timun/cabe bagi yang suka. Dijamin deh enakkk bangettt!! Harga 1 porsi Mie Ayam cukup murah hanya dengan Rp 12.000,-

Mie Goreng Koga pun memiliki cita rasa yang tak kalah lezat. Mi goreng Koga memiliki aroma yang harum sekali dan  disajikan dengan bakso ikan, bakso daging sapi, udang, telur, sawi, dan daging ayam pokoke enak enak enak!!! J Jika saudaraku di luar kota sedang berkunjung ke Lampung selalu ajak untuk makan di Mie Koga, dan itu biasanya sudah makan hari ini besoknya makan lagi hehehe… Untuk menikmati Mie Goreng Koga cukup dengan merogoh kocek Rp 15.000,-

Bagi anda penyuka Mie yang tipis2 alias kurus2 jangan lupa juga mampir ke Mie Simpur atau Mie Bandar Lampung, mie ini juga tak kalah lezat beberapa orang memilih kedua mie tersebut jadi favoritenya porsinya juga besar dengan harga yang relative sama.

Bakmi Jawa (Mie Khodon)

Selain itu ada juga Mie Lezat yang bercita rasa berbeda yaitu Mie Khodon yang berlokasi di daerah teluk betung berada persis di pertigaan Taman Dwipangga. Mie Khodon hampir mirip dengan Mie Jawa bedanya Mie Khodon sangat gurih karena menggunakan udang kering sebagai andalannya. Mie Khodon disajikan dengan telur bebek, kol, daging ayam, udang kering.. Pembeli Mie ini biasanya banyak yang menyantap makan di dalam mobil karena  tempat duduk yang cukup terbatas dan tak seimbang dengan jumlah pembelinya yang banyak..  Ada dua pilihan menu di sini yaitu Mie Rebus dan Mie Goreng, hanya dengan Rp 8000,- anda sudah dapat menikmati 1 porsi Mie Khodon.

Bakso Sony

Bagi anda penyuka Bakso, jangan lewatkan untuk mencicipi Bakso Sony yang sangat terkenal di Lampung yang sangat mudah ditemui  karena banyak memiliki 7 cabang resmi dan tersebar di Kota Bandar Lampung. Bakso Sony merupakan bakso daging sapi asli yang kenyal dan berserat, rasa lada hitam cukup dominan pada bakso dan kuahnya yang gurih dan lezat. Jika menikmati bakso ini favorit saya dengan manambahkan banyak cabe dan kecap manis. Tak heran jika setiap cabang Bakso Sony selalu dipenuhi pengunjung dan setiap pulang ke Lampung saya selalu menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk Bakso Sony beserta kerupuk bawang dan juice melon..mmm yummy!!

Pempek

Pempek merupakan makanan khas  Kota Palembang, walaupun begitu pempek sudah menjadi makanan favorit di Indonesia salah satunya adalah Kota Lampung. Untuk menikmati Pempek yang lezat tidak perlu jauh- jauh untuk pergi ke Kota Palembang, karena di daerah Teluk Betung tepatnya di daerah Kupang Raya, atau di daerah kampong sawah banyak dijual Pempek yang Lezat. Macam – macam pempek yang tersedia adalah Kapal Selam, Lenggang, Lenjer, Kulit, Keriting.Harganya bervariasi untuk yang kecil2 berkisar antara 1500-3500/bh, untuk jenis kapal selam berkisar 7500-10.000/porsi. Pempek ini juga dapat dijadikan sebagai oleh2 dari Lampung dengan dikemas secara khusus.

Pindang Patin & Seruit

Ada RM di daerah Panjang yang menyajikan pindang patin yang lezat sekali kuahnya gurih dan kaya rasa, penyajiannya biasanya dilengkapi dengan Seruit (makanan khas lampung ) yaitu ikan yang dicampur2 dengan sambal terasi , ada juga yang menambahkan tempoyak  dan lebih nikmat lg jika dimakan beramai2 bersama keluarga. sangat recommended walaupun harga di RM ini cukup merogoh kocek yang dalam hehe.

Oleh-oleh

Jika berkunjung ke Bandar Lampung kurang rasanya jika kita lupa untuk membeli oleh oleh khas daerah ini. Salah satunya adalah keripik pisang aneka rasa. Keripik pisang ini terbuat dari pisang ambon & pisang kepok (fav saya) dengan variasi rasa keju, coklat, manis, asin, balado, susu, strawberry, pandan dll. Toko yang paling rame dikunjungi adalah Yen-Yen yang terletak di daerah teluk betung juga walaupun sebenarnya keripik yang dijual di toko lainnya tidak kalah lezat. Merk fav Suseno & Aneka.

Untuk Merk Suseno punya variasi produk lain yaitu sambal goreng udang, rasanya gurih banget . Berbeda dengan sambal goreng biasa yaa, sambal ini penyajiannya kering dilengkapi dengan kentang yang garing jadi bisa tahan lama, kalo pulang kampong banyak teman yang titip sambal goreng udang ini . Pas banget kalo dicampur saat makan nasi yang hangat..

 

Kopi Lampung juga sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh. Aromanya sangat menyengat, bahkan tercium sebelum kita membuka kemasannya.Tapi hati2 ya harum kopinya bikin ketagihan hehe. Untuk kopi lampung merk fav saya adalah Sinar Baru.

Kalian tentu tidak asing denganSambal Lampung, bahkan Indofood pun membuat seri sambal khas lampung yang terkenal pedas. Bisa dicampur saat menyantap mie rebus, mie goreng, tahu & tempe goreng dan camilan lainnya. Anda dapat dengan mudah memperoleh sambal ini di toko oleh-oleh yang ada di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya.

Kerupuk Kemplang juga salah satu alternative oleh2 yang mudah dibawa karena ringan. Walaupun ringan tapi rasa kerupuk kemplang ini sangat gurih karena terbuat dari ikan tenggiri/belida, kemplang juga sehat krn dipanggang alias tidak digoreng  dengan minyak. Saat menyantap kemplang jangan lupa  dengan sambal pedasnya yang lezat..asyik banget nih buat nemenin acara ngobrol2 dirumah.

2 responses to this post.

  1. Posted by QORI ANGELIA on August 30, 2010 at 6:29 am

    Hhhhmmm …….. enak tuh kayanya jadi pengen pulang Ke Lampung, kangen ama’ makanan2 & suasana disana. Kapan yah bisa pulang….????

    Reply

  2. Posted by doddy zurifika on October 22, 2010 at 1:45 am

    bisa franchise ga ..saya di bandung nehhh..asli lampung …n temen saya itu yg punya mie koga dulu waktu sd xaverius

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: