Perawatan Behel


   Penggunaan awal behel

Banyak yang bilang Pasang behel bisa bikin kurus, males makan, sering sariawan.

Sebenarnya penderitaanya cuma 2 minggu pertama kok krn mulut ga terbiasa dengan benda asing di gigi kita, jadi bisa timbul sariawan. Tapi bisa disiasati dengan wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian yang tajam).

Saat sariawan juga harus siap obat sariawan seperti albothyl atau kenalog dipakai malam hari. Tapi saat ini sudah ada kok tekhnologi merapikan gigi terbaru yang tidak bikin sariawan, seperti pake behel biasa yaitu Invisalign.

Untuk masalah males makan itu karena pada saat gigi ditarik pasti rasanya ngilu2 kalo gigit sesuatu, terutama di awal2 kontrol. Tapi setelah beberapa hari pasti udah ga lagi, apalagi makanannya enak lupa deh kalo pake behel hihihi…

Biar Behel kita awet hindari makanan yang keras-keras seperti kacang ,wortel mentah, batu, kayu loh loh salah ya hehehe.. Kalo makan juga sebaiknya dipotong terlebih dahulu, jangan memotongnya pake gigi kita soalnya behel kita bisa lepas sebelum waktunya.

Kenapa sih repot amat yah, secara behel ga bisa dipakai lagi kalo uda dicopot karena uda ada lemnya, jadi harus diganti baru. Kadang ada dokter yang baik yang ga mencharge biaya tambahan dengan copotnya behel, tapi ada juga yang mencharge biaya lumayan.. Sayang khan… (2008-06-06) Heii ada berita bagus nich, kemarin ngobrol dengan Drg ku , ternyata behel bisa dilepas dan dipasang lagi kok asal behelnya tidak rusak/ bengkok ( coba perhatiin deh, ada 4 behel yang punya sayap :) kaya burung aja, punya sayap hihi ). Pernah ada pasiennya mau menikah, jadi behelnya dicopot dulu… udah selesai pestanya dipasang lagi deh.. Syukurlah jadi kita ga perlu khawatir yah, kalo sewaktu-waktu behelnya perlu dilepas.. Biasanya dokter pakai alat untuk membakar lem yang ada di behel, secara behel tahan panas jadi ga rusak.. Setelah lemnya lepas dipakai lagi deh… :)

 

 

 

Sikat Gigi Khusus & Pasta Gigi

Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus…

Selain itu ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.

Disarankan juga pakai dental floss jika perlu.

Untuk pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang mengandung Baking Soda dan Perlindungan ekstra terhadap gigi berlubang . Pokoknya pilih yang komplit deh biar lebih bersih, ga cepet bolong, dan ga ada karang gigi lagi…

Kenapa harga behel mahal?

Behel yang kita pakai itu mengandung stainless steel dikombinasikan dengan nickel titanium http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_braces .Yang jelas logam ini tahan panas, tahan dingin, tahan karat. Selain itu barang-barangnya masih diimport, bikin hrgnya jadi melambung.  Macem-macemnya Time brackets dari American Orthodontics, SmartClipTM Brackets dari 3M Unitek, SPEED, atau Damon brackets.

Artis-artis yg pernah pake behel ( penting ga seehhh)

- Dalam negeri  Dian Sastro, Tamara Geraldin, Sofi Navita dll

- Luar Negri  Tom Cruise, Gwen Stefani, P!nk, Cameron Diaz dll

202 responses to this post.

  1. ni curhat diri sendiri ke publik y?
    hehehe


    Hehehhe dirimu tau aja deh…

    Reply

  2. Posted by endah (mantan Beheler..apa ya istilah pemakai behel?) on April 3, 2008 at 1:46 pm

    Aku baru aja dua hari yang lalu lepas behel.. Rasanya jadi lumayan aneh. Karena bibir yang tadinya manyun sekarang bisa kembali ke posisinya semula. Gigiku jadi rapii… Gak sia-sia pengorbanan waktu 1,3 bulan n duit yang lumayan nguras tabungan. hasilnya gak mengecewakan. Mak Nyoss deh pokoknya.
    Sekarang aku bisa senyum selebar-lebarnya tanpa takut ada yang silau karena pantulan sinar behel..
    Yang mau pake beel..Jangan malu n pantang menyerah.. DUNIA DI GIGIMU.. Lho? maksudnya gak usah ragu. Pake aja..asilnya bakal bikin kamu lebih PD..
    Tapi kata dokterku sih, selama setahun ini, aku harus pake retainer dulu (behel lepas pasang) untuk malam hari. Tapi gak masalah kalo selama siangnya aku bisa senyum lebar

    Wah wah selamat endah telah lulus dari University of Behel wakakkaka!! cepet juga tuh 1,3 tahun… semoga aku segera menyusul… <em>

    Reply

    • Posted by kharina.dian.p on April 28, 2009 at 3:10 am

      pake behel enak ga seehh?? pengen sih pake behel tapi uang nya belum cukup untuk ngebehel gigi.hhhheeeee……

      Hi Kharine apa kabar?
      OMHO enakan ga pake behel dah kalo giginya uda rapih hehehee

      Reply

    • Posted by ollyvia dwi tamaraa on September 16, 2009 at 12:04 pm

      wahh..gue sneng bget dgernya,,,
      gue usahain smoga gue bsaa nyusuul lo..
      pdahal gue hmpir ptus asa loh..soalnyaaa skiddd bgeet wktuu d psang …heeeee

      doain gue y biar biasaa nyusul gigi lo eang dah rapiii….hheeee

      Reply

    • Posted by dhanisputra on April 3, 2010 at 2:28 pm

      aq bru mau pake… udah cabut 1 gigi ni… tpi rsanya nyesel bnget… takut da papa ma bentuk gigiku… kata doikterku kasusku maksimal cma 1,5 tahun sihh,,, hufffttt

      Reply

    • Posted by angel on June 14, 2010 at 8:00 am

      waduh,, jd pengen nih,, pake behel..

      tapi harus nabung dlu yak,,
      biar dunia ada di gigi ku..
      xixixixixixii… :D

      Reply

  3. Posted by Na,,,, on April 3, 2008 at 2:26 pm

    gw baru pake behel 3 bulan,,
    ,,awal make sih ribet banget, tapi pas 1 minggu udah terbiasa..
    yg penting rajin kontrol, tepati janji ma dokter,,di jamin gigi elo pasti cepet rapinya,,key,, behel mania,,

    yow yow oke yow… yang penting sabar ya khan mba…

    Reply

  4. Posted by sinta on April 17, 2008 at 11:21 am

    yang pasti pas awal pke behel asing bnged..
    gw ampe mkan nasi nelen,udh gtu nasi gampang nyangkut dmn-mana…please help me…hiks

    Reply

  5. Posted by yuni wulan on April 18, 2008 at 11:58 am

    Gw Pengen tahu harga pasang behel sekarang katanya udah agak murah, kira2 berapa sih murahnya

    Reply

  6. Posted by kartikasari08 on April 19, 2008 at 1:42 am

    Ohyea? yuni dapet info dari mana tuh? tapi harus di cek dulu ya siapa yang masangin behel … kan ada banyak tuh dr. gigi biasa jg bisa, jasa merapihkan gigi juga menawarkan jasa pasang behel…
    (harganya pasti jauh lebih murah, bisa hampir 50% nya)
    Tapi yang paling tepat sih ke dokter gigi spesialis orthodonty, krn mereka belajar lg 2 thn tentang lika liku behel… coba cari tau deh, kalo itu memang drg. Sp. Orth dan harganya murah bagi2 info ke teman2 kita hehehhee…ok say!

    Reply

    • Posted by mylla on December 9, 2009 at 12:04 pm

      gw skr bru 3hari nih pke behel,,
      awal d pasang’a sih gag sakit tp abis bangun tidur sampe skr(3hari) masih sakit.
      merapatkan gigi atas n bawah rasa’a sakit bgt palgi makan,, jd mkan x cuma energen klu gag susu..
      w pasang behel di UI drg.Sp.Orth harga’a Rp.8500.000 tp boleh d cicil c.
      w dokter’a wanita baik bgt.

      Reply

  7. Posted by martiw windarini on May 18, 2008 at 1:06 pm

    aku baru pasang behel 5 bulannan nih, kata orang2 sih bisa bikin kurus n langsing tapi ngak termasuk ke aku soalnya bb ku sama ja tuh. n kayaknya pake behel makan ttep lancar n ngak pernah da rasa sakit tu. cuma aku kan kerja nya ngomong terus jadi sering ngak pd klo diperhatikan terus n banyak dikomentari gituuuuuuuuuuuuu. pokoknya harus punya mental tuk berani dihina dina dengan gigi behel ku tu.

    Reply

  8. Posted by Ifa on July 2, 2008 at 5:01 am

    gue pasang behel udh dari jaman SMp tepatnya baru keluar behel dipasaran .. aku langsung dipaksa bokap .. huff sampe2 gigi dicabut 4 biji .. bikin ngeri haha .. gigi sekarang udh lumayan rapi .. tapi gara2 vaa gak patuh harus kontrol jadi aja males soalnya mesti check up 2 minggu sekali .. makin males apalagi liat dokternya galak jadi males balik lagi padahal udh waktunya dibuka .. naahh sekarang malah blom dibuka2 lagi nyari dok gigi yang murah buat lepas behel nih di mana yaahh??

    Ifa sayang… kamu ga usa pusing kalo cuma untuk melepas behelmu yg uda luama buanget … duhh apa kabarnya yagh heheheh? hubungi dokter lamamu aja … karena itu tanggung jawab dia a whole package dari perawatan behel.. seharusnya no charge. mgk setelahnya kamu perlu pakai retainer (kawat lepasan) sekitar 6 bulanan pakenya, untuk menjaga biar rahangmu benar 2 mantap.. ( Gapapa lah galak dikit :) ) … ditunggu ya cerita2nya lagi setelah behelnya dilepas hehehhee ^__^ see ya!

    Reply

    • Posted by riezk on April 9, 2010 at 9:41 am

      waaahhh..sama nih kyk aq.. aq dah pke behel sjk 10thn lalu… gara2 mls kontrol jdnya gigi atasnya agak brantakan deh… skrg lg nyari dktr gigi yg murah jg… ksi info ya klo kalian tauu….

      Reply

  9. Posted by meta on July 27, 2008 at 11:02 am

    hai numpang nanya dong, pasang behel yg murah tapi bgs dimana ya??? yg jkt selatan aja

    Reply

  10. Posted by evi oktaviani on July 29, 2008 at 1:19 pm

    aku pengen dibehel cman bisa ga ya yang kira2 cpat (ga ampe taunan)

    Reply

  11. Posted by Brigita Kingkin Pitaningrum on July 29, 2008 at 5:15 pm

    aku pasang behel dah 3 bulan nech, rasanya ga enak banget

    Reply

  12. Posted by uWiE on August 1, 2008 at 10:27 am

    9w baRu Za sBuLan PasaN9 BeheL,,,
    kta d0kter’na siy 9i9inya haRuZ di CaBut 4,,,
    Tpi KoQ 9i9i y9 di cabut tuH yan9 uRutan ke-3 daRi DepaN,,,
    jadi kLiatan 9tu omPon9’na,,,
    UUUhhhh jdi MaLu Bwat senyuM,,,

    Reply

  13. [...] yang sudah memakai behel, bisa lihat tips untuk melakukan perawatan behel disini Dokter referensi: Drg. Wayan Ardhana, Sp. Ort (Jogja)   http://wayanardhana.staff.ugm.ac.id/ Drg. [...]

    Reply

    • Posted by nur endah wijayanti on September 10, 2010 at 11:28 am

      dok,mau tanya dong klo pasang behel berapa ya??
      oia, ada diskon ga buat anak ugm?? hehe, soalnya msh kantong mahasiswa dok, tipisssss :))

      Reply

  14. aq gak ada masalah ama gigi2ku,,
    tpi pengen banget make,,
    hehehee

    apa ada efek sampingnya yaah ???

    Reply

  15. Posted by riri on August 29, 2008 at 8:10 am

    aaaa…gue baru pasang ring nih..yg di geraham ada 4..kalo ngomong lidah gue “kebaret2″ sama ring nya..hihi..tajem banget jadi banyak sariawan juga.. harusnya dipakein wax ortho ya ?

    Reply

  16. Posted by bokybad on September 8, 2008 at 10:52 pm

    di jl adityawarman kebayoran baru jaksel
    miring2 harganya tapi expert2

    Reply

  17. Posted by daryn on September 12, 2008 at 10:20 am

    salut buat elooo :))
    yang pasti, jangan ngaku anak ghaooolll kalo ngga berbehell.
    hehehe

    Reply

  18. Posted by SoeSahn^HoLique on September 13, 2008 at 7:53 am

    hmmmm gigi gw masi dalam prawatan otomatiz beHel masi NAngkring di Gigi gw……ne gw ngejalanen tepat masuk 2 bulan…wah buat pertama amPun Dj dehh rasanya cause gw sempat pengen ngelepaz kalo ga mengiinget biaya pemasangan yang menguras kocek…tapi setelah lama2 hmmm ternyata kmebali normaly…malah bisa menunjang penampilan kaleee….

    Reply

  19. Posted by LidYa_naNat on September 13, 2008 at 4:24 pm

    hi ,,,Q lagi bikin skripsi tentang behel neh…
    Kira2 ada perbedaan harga diri ga sebelum dan ketika pake behel?? coz Qngambil skripsi judulnya tentang itu..

    Kebetulan Q jg pake behel…
    Ngerasanya seh setelah pake behel,,jadi lebih pCaya diri…

    Klo klian gmn???

    Reply,,plizzzzzz

    Thx b4..

    menurutku waktu pakenya ada 2 hal :
    kadang ngerasa ga pede krn gigi masih berantakan n jarang2 ….1 hal lagi kadang pake behel bikin muka jadi lebih berwarna apa lagi karet behelnya disesuain dengan warna baju… lebih stylish :)
    overall pengen cepet2 rapih giginya dah !!

    Reply

    • Posted by Ellysa on August 5, 2009 at 2:07 pm

      kak lidya, ni aq jg lagi skripsi di ortho…
      gimana skripsinya kak? ni aq br mau cr judul..
      pas juga pasang behel juga ^^

      pengen nanya2 donk soal skripsinya.. tertarik juga setelah tau judul skripsinya kak lidya ^^
      plizz rep di
      dr34m_g1rl88@yahoo.com
      ditunggu ya kak..
      makasii..

      Reply

  20. Posted by Hana on September 18, 2008 at 2:25 pm

    Btw kalo pake behel boleh merokok ga?atawa mabok?he5x misal dugem gt..?

    Reply

  21. Posted by Nidya on October 10, 2008 at 2:31 am

    Ad yg tau ga?psang behel yg murah daerah jakarta pusat ?

    Nidya Imutz.. ke FKG UI Salemba aja dicoba .. tentunya pasti lebih murah..

    Reply

  22. Ada yg punya Info, pasang Behel yg harganya di bawah 1 jt-an. Masih daerah Jakarta… kyak FKG gt, kalo ad (jgn klinik) mahal.

    Reply

  23. Posted by tika lei on October 20, 2008 at 4:48 am

    ooo gtu ya, btw kl kaka sendiri pake drg yg mana? aku takut salah pilih drg nih, dr setahun yg lalu ga brani2 pasang. Ga sanggup rasanya ngebayangin gigiku bakal dicabut hiikss.. T_T

    Reply

  24. Posted by monkz on November 1, 2008 at 7:29 am

    pasang behel di fkg ui berapa ya skrg?
    trus bayarnya bisa dicicil ga??

    Reply

  25. pingin dunk pake behel … ^^

    biar agak gaya ajjah !
    hehe.. salah yaa…

    Reply

  26. Posted by ICHA on December 11, 2008 at 8:29 am

    mau tanya donk, harga pasang kawat gigi brapa ya ? (bukan behel loh). eh kira2 kalo pasang kawat gigi jangka waktunya sampai brapa tahunya unyuk mundurin gigi yang maju. gignyasih udah rata tapi cuma maju aja

    Reply

  27. Posted by amanda on December 12, 2008 at 7:24 am

    lho?? bknnya behel ama kawat gigi sama yah???
    aku sih rencananya pasang di RS DR kariadi smarang cm 4 jt atas bawah,,,

    Reply

  28. Memang beda… kawat gigi itu sebutan untuk yang ga permanent, nah kalo yang permanent namanya lebih tepat Behel/ kawat gigi cekat. Mungkin maksud Icha begitu khan yah?… :)

    Reply

  29. Buat Icha, kalo belum berubah harganya kisaran 800 – 1,5 jt.. dan biasanya ini untuk kasus yang ringan karena banyak yang bilang kurang maximal, coz giginya bisa balik lagi seperti semula… Tapi lagi-lagi kusarankan untuk konsultasi dokter gigi, karena mereka yang bisa menghitung berapa lama perawatan sesuai dengan kerumitan kasus nya..
    Tapi kalo ga rumit, 1 tahun biasanya…

    Reply

  30. gw pake behel udh 1 thn lbh…. pengen dh cepet2 lepas….

    Reply

  31. Posted by dessy on December 20, 2008 at 1:25 pm

    waduh…kalau urusan ‘meluruskan’ gigi ke dalam bibir mending kayak kartika bilang ke spesialis orthodonti saja. Karena biar bagaimana gigi kita akan terus bergerak kalau arrangemennya gak jelas…
    untuk yang butuh info seputar jogja, bisa di dolphin dental center kotabaru…ada spesialis orthodonti yang AHLInya pasang DAMON system..ini system bracket keluaran terbaru…
    Saya, pasang system baru tersebut tiga bulan ini. Enak dan keliatan pergerakan gigi kita ke straigh teeth…but, karena emang mahal pls ajukan dulu anggaran ke ortu atau ke suami bagi yang udah merried..karena emang bener2 nguras uang belanja:) hehe ini pengalaman pribadi. silahkan!

    Reply

  32. Posted by dessy on December 20, 2008 at 1:31 pm

    oya biar bisa ngajuin anggaran ini gambarannya kalau mau pake damon system : 9-12 jt. Kalau yang pake karet warnawarni di sana itu bekisar 4 – 7 jt ( cek lagi ya…)
    Trus, kenapa harus damon system, buat yang udah ibu2 kayak saya ini, system ini nggak merepotkan karena kontrol bisa 2 BULAN sekali, no more pain ( bisa di sambi ngurus anak, suami, rumah bukan pula ngurus gigi terus hehehe )…dan cepet selesai perawatannya…paling lama/kasus berat one and half year…

    Wah pengetahuan baru nih… Thanks Mba Dessy Infonya :)

    Reply

  33. Posted by minie mouse on December 26, 2008 at 5:03 am

    halo mba dessy, pasang sistem damonnya dmn tuh? minta no telp sm alamatnya boleh? tq

    Reply

  34. Posted by dhuwur on January 14, 2009 at 10:08 am

    mbak km kok lucu sih, halah ^_^

    ni ak jg seminggu lg mo detik2 pencabutan, n pasang behel
    sekarang baru dipasang karet ganjel uda linu kalo buat gigit yg agak keras, di smg biaya rata-rata 5 jt ni aja dokter gigi biasa, bukan ortho, tp kayaknya yakin aja deh. pasienya jg uda banyak kok. :)

    Reply

  35. Posted by Mings on January 20, 2009 at 8:45 am

    saya uda 2 bulan pake kwt gigi,pertama2 rasany gk biasa aja, sakit sih gk gitu, sariawan sih gk ada, cuman sebelum mau psng behel, gua di srh rontgen gigi, yah kt dokter mau di liat dulu susunan giginya,yah ternyata ada 2 gigi grham (kanan+kiri)yg posisiny tidur yg katany hrs di operasi, kalo gk di cabut, itu juga bisa mengganggu ortho, kt dkter, kalo ada gigi tidur/impact, hrs di operasi lbh bgs..yah,mau gimana lg, terpaksa merelakanny juga, nah nih operasi memerlukan wktu yg lama,soalny bukan seperti cbt gigi biasa aja..
    nah wktu mau di cabut sih 1 dulu, ntr uda seminggu baru di cabut 1 lg, solany cabut 1 aja pun uda 3 jm gitu, karena posisiny tidur. perasaan saat itu takuuutt bgt,sblum operasi gigi pun di bersihkan pake betadine,sesudah itu di suntik & di sayat, kalo di bayangkan lg, ngeri loh..untung saat ini uda pake behel..gk sakit kok pake behel,malh seru bisa mix colour sesuka kita..malah kalo saya bilang yg behel lepasan itu lebih sakit rasany..kalo yg lepasan,kalo uda males pake, ntr wktu mau pake uda sakit,terpaksa hrs ke dkter gigi lagi biar di stel lg.em,kalo untuk perawatan, yah hrs gsk gigi lbh lama + lbh sering, jgn mkn yg keras2 lg,kalo daging pun di potong kecil2, tp kalo saya sendiri wktu gsk gigi, saya suka pake kaca liatny, biar saya bisa tau,msh ada sisa2 makanan yg msh lengket apa gk? soalny kalo pake behel itu nasi atau apa aja bisa terselip di setiap biji2 behelny atau pun kawatny, so hrs lebih rajin yah.

    Wow serem juga ngebayanginnya.. sebenernya gigi paling belakangku juga rada tidur.. tp mengingat gigi ga da masalah n ga sakit so ga dicabut.. ya semoga ga ganggu setelah selesai pake nanti :) thanks for sharing

    Reply

  36. Posted by Mings on January 21, 2009 at 5:26 am

    tp kalo kata dokter, kalo ada gigi impact lebih bgs di cabut, biarpun gk pake ortho, ktny klu gigi impact merusak gigi di sampingny, kalo w liat di internet mmg ktny hrs di cabut, karena ntr ada keluhan sakit padahal gigi gk bolong,bg yang mau tau apa2 aja keluhanny , bisa cari di internet.,ktny kalo mau cabut lbh bgs di usia muda, selain proses penyembuhn lbh cepat gitu, kalo uda tua, kan takutny ada penyakit kencing manis/apa, ntar proses penyembuhanny lama.btw it’s up to you to make a choice..^^

    Reply

  37. Posted by yani on January 24, 2009 at 2:19 pm

    lg confused niy,dlm dekat ini rncana mo pasang behel,skrg gw lagi ditugskan di bandung smpe 4-6bln kedepan,ntar balik ke jkt lagi.kalau masang di bandung,takutnya keburu selesai masa tugas n mesti pindah k dokter lain d jkt,kalau masang di jkt,bolak balik konsultasinya itu booo selama 6 bulan….pusing.

    Reply

  38. Posted by Dede on January 27, 2009 at 8:14 am

    Permisi numpang tanya.. untuk behel, apa harga itu bener2 menentukan kualitas?
    Ada rencana mau pasang kira2 kena Rp 7 jt-an (specialis ortho)

    kuatirnya nyesel dikemudian hari krn hasil gak memuaskan dan tau sebenarnya ada yg lebih bagus dan lebih murah..

    dilema nih…

    Reply

    • Posted by kartikasari08 on January 31, 2009 at 8:37 am

      Hi Dede.. kl dari info dokter sih harganya sekitar 40% dari yang kita bayar ke dia… soal beda harga ato tidak ada beberapa kemungkinan menurutku…
      1. Dokternya bukan spesialis dan spesialis orto ( secara kuliah lebih mahal, wajar donk kalo dia matok harga lebih tinggi atas ilmunya)
      2. Jenis Bracet dan Merk yang digunakan ( ada yang warnanya aga kehitaman, ada yang lebih putih cerah, ada yang porcelain)
      3. Kasus pasien ( kasus pasien yang berat tentunya lebih rumit utk dikerjakan dan bahan 2 penunjang seperti kawat n karet juga lebih banyak dipakai)
      4. Biaya operasional (tentunya dokter yang kerja di mall/clinic/ Rumah Sakit akan lebih mahal jika dia buka praktek sendiri/ intitusi pendidikan/ puskesmas)
      5. Dokter itu sendiri hehehe ya dokternya mengharapkan untung gede ato sedang 2 saja :) nah utk yang 1 ini pasien harus jeli jadi compare 2 sebelum memilih yah

      Reply

  39. Posted by Ryan on January 28, 2009 at 1:04 am

    sebenernya harga behel itu gak mahal kok mbak. saya ada tmn dokter gigi yang blak2an sama saya mengenai harga behel. sebenernya harga nya itu gak sampe sejutaan kok. dia aja kasih harga 700 ribu. sdikit nyesel saya udah pasang sama dokter yang matok 3,5 juta. ya walaupun 3,5 juta masih lebih murah ketimbang dokter gigi yang lain sih. kalo yang mahal itu cuma permainan para dokter gigi aja. dan mengambil untung yang sebesar2nya.
    phew… cpd…

    “Behel yang kita pakai itu mengandung stainless steel dikombinasikan dengan nickel titanium”.

    emg harga stainless steel brp sih? setau saya murah kan? dan untuk titanium, apa worth dengan bentuk sekecil itu di hargai yang gak sesuai? ya sudah lah, ini cuma info yang saya dapet dari tmn dokter gigi saya. kalo ada yang salah saya mohon maaf…

    Reply

  40. Posted by dhuwur on February 2, 2009 at 10:19 am

    halu semua..finally uda pasang behel ni, uda mo seminggu ni,ga sakit blas kok di mulut, cuman meriangnya mpe seminggu-nan. demam pusing sempet menyerang. cabe deyy..
    n hari 1 mpe ke 3 ga bisa ngunya, jadi makan yg pake kuah langsung maen telen aja:)
    alhamdulilah sekarang uda seminggu ma apa2 aja masuk asal enak,,:)

    Reply

  41. Posted by tata dachi on February 8, 2009 at 2:03 pm

    dokter, gw skrg pake behel tp ngk permanen, behelx sering gw lepas misakan kalo sikat gigi n makan cozxnya behelx bisa dibongkar pasang., dokter, gw mau tanya itu ngk masalah ya dengan gigi gw, apakah itu berpengaruh dengan ratax gigi., dokter tolong dibalas ya., dengan email gw hair_dachi@yahoo.com. Makasi sebelumnya

    Reply

  42. Posted by cherry on February 9, 2009 at 11:11 am

    gigi ku jarang2 neh…cuma 4biji doank yg jrg..
    tp sialnya ntu bagian gigi depan atas..
    alhasil klo ketawa,aq kadang ga pede..
    kalo pake behel,kira2 brp lama ya selesainya??
    n harganya berapa kalo yang porselen..
    coz aq rada ga pede neh pake behel yg warna-warni…

    Reply

  43. Posted by wiena on February 10, 2009 at 8:03 am

    lagi nyusun tentang ortho ya? dapet dari mana aja contoh skripsi nya?? boleh tau nggak?

    hehe aku bukan dokter gigi kok Wiena :)

    Reply

  44. Posted by amanda on February 10, 2009 at 1:24 pm

    mbak, klo wax ortho biasanya merknya apa yah??? trus biasanya dijual di mana??? aq dah beberapa kali nanya ke apotek tp ga ada.. mulutku ke gores semua ni…

    Hi manda .. coba beli dengan dokter gigimu.. memang ga dijual di pasaran sepertinya.. ga ada merknya sih punyaku.. wax ortho memang bantu banget kalo lagi sariawan

    Reply

  45. Posted by amanda on February 18, 2009 at 10:33 am

    oooo… tp aq males ke Dokter gigiku, abis dia praktek di rumah sakit, jdi pke ngantri.. (pasien yang males ni… hihihi)

    Reply

  46. Posted by amel on March 1, 2009 at 1:32 pm

    mw nanya dokter gigi spesialis ortho yg bagus d bandung donk….
    thx b4

    Reply

  47. Posted by ida on March 6, 2009 at 1:33 pm

    sama nih mba amel,dktrny yg bagus tpi ekonomis?..thnks

    Reply

  48. ah gw si mau pke behel tapi aku tak punya uang tuhan tolong dirika

    Reply

  49. maaf numpang nanya itu yg nama nya sinta nama panjangnya sinta primaniar slny itu pas banget sma tanggal pertama saudara gw bli behel tolong kasih tau oke

    Reply

  50. Posted by fizzy on March 20, 2009 at 2:49 pm

    gw pasang behel di FKG UI Salemba ma dokter Erwin Siregar,. harganya 12 juta,. wow,.

    itu karena kasus gigi gw terbilang sulit untuk di tanggulangi boss.,

    Reply

  51. Posted by irfan on March 28, 2009 at 8:17 am

    hei,gw udh make behel 6 bulanan,
    atas bawah,
    kata dokter ortho gw,klo yg kawat bawah
    dipasang,masi rapet katanya,
    ywdh gw nurut.aja.
    tp 2 bulan belakang ini
    yg bawah,kawatnya ga dipasang,
    jd yg atas doang,
    ntu ngaruh ga???

    katanya gw make sekitar 2 taunan,

    reply ye.
    thnks.. :D

    Reply

  52. Posted by pyra on March 29, 2009 at 6:19 am

    ak baru pasang behel niw ak pake ud 1 miggu pke yg ceramic gx malu d cz warnanya putih n ak pke karet yg putih jg gx mahal kog cuma 5 jta aja

    Reply

    • Posted by farah on August 15, 2009 at 6:15 am

      kamu pasang behelnya di daerah mana kalo boleh tau? minta alamatnya dong soalnya aku jg pengen pake behel tp yg ceramics jd ga begitu keliatan pake behel..thanks ya buat infonya

      Reply

  53. Posted by Septyani on April 5, 2009 at 11:31 am

    Ada tuh pemasangan behel di daerah cinere,hrganya cma 2jt,itu jg bsa dicicil,bnyk bgt ank2 sekolah pasang dsna!

    Reply

  54. Posted by nita astronot:) on April 12, 2009 at 10:48 am

    gue pengen make behel , tapi buat trend aja . nah , kira* brapa lama tu?

    Reply

  55. gue pengen make behel , tapi umur saya baru 13 tahunan . katanya pake yang ga permanent aj , padahal mnurut info yang ada , make behel yang gga permanent itu lbh sakit drpada yang permanaet . jadi gimana ? oia , tau nggak dok.gigi spesialis yang murah di palembang ? :)
    plis repp , bisa ke FB : Nitama Farsia Hasyim
    ato ke FS : d@g.ngerti

    Hi Nita..
    behel justru lebih bagus dipake disaat kita masih muda, krn pergerakan giginya lebih cepat. Kalo dokter suruh yang ga permanent kemungkinan masalah gigimu ringan.. kalo sakit n ga sakit sama aja kok hehhee waktu awal2 pake n waktu habis kontrol bulanan aja sakitnya..
    have a nice day ^^

    Reply

  56. Posted by intz on April 14, 2009 at 9:23 pm

    haluu smwa,slm knal yah?
    Kuw pasang behel baru 1 minggu ini,tp sblm nya hrus dcbut dulu 4 biji!Heuheuww..
    Kata dktr gi2 kuw,gi2 geraham (yg plg blkang n paling akhir tumbuh nya) itu ada sdkt mslh.Kata nya sih g tumbuh dgn sempurna (cm separo) n harus dcbut.
    Duh kuw takut bgt,secara gi2 nya cm tumbuh separo,gmn nyabut nya?Brti hrz operasi yah?
    Itu dy yg bkin kuw takut.
    Secara itu gi2 paling muda (plg blkgn tumbuh nya),letaknya jg plg blkg.Apa g bhya tu kl dcbut??Skt ga,atw cm kyk dcbut biasa?
    Pliss share pengalaman dunk bwt tmn2 yg uda pernah ngalamin hal smcm ini.
    Thx b4 yah..

    Reply

  57. Posted by Biby on April 18, 2009 at 1:46 pm

    Hi, aku rencana mw pk behel. Tp gi2ku ada gingsulnya. Apa gngsulnya hrus dcbut?
    Tlg iaahh.. Coz aku tkt itukan penyangga rongga mulut.
    Tks

    Reply

  58. A: gw pengen pasang behel buat trend doank, sampe berapa lama ya kira2 dilepasnya?
    B: ya jelas lah sampe lo bosen ama trend ntu, aneh bgt jadi manusia pertanyaannya hehe….

    just for share aja neh, gw termasuk kategori kelas3 dari 3 kelas kerapihan susunan gigi buat di straight-kan kembali, PARAH BUKAN?? it’s mean gigi nomer 3 kiri kanan atas bawah ukurannya gede sehingga terlihat horor kyk vampire. itu gingsul kan namanya bo!, dia nonjol sendiri dominan mengalahkan tetangganya gigi nomer 2 yg biasanya ngalah dengan cara mundur ke dalem. Di-brace-kan sama yg permanen dokter gw kasih jaminan cuman 2 thn tuh rata kembali.
    just relax wait and see….hingga waktunya tiba.
    oh iya gw pasang di salah satu RS international di kota gw melalui drg dengan spesialisasi orth
    dari 2 pilihan macam bracket:
    1.yg wajib diberi karet warna/i
    2.yg berkunci (low friction)boleh diberi embel2 karet warna/i tp justru memperlambat pergerakan, karet gt loh
    yg biasa 8jt dan terlihat colorfull teeth, yg satunya 12jt with metal bgt
    setiap 45hari sekali cekup bayar lagi sekitar 150rb
    so tentukan budget dari sekarang buat yg berniat perbaiki kualitas hidup, harta benda ga akan dibawa mati coy….. kalo gigi (apalagi masih pake behel) kayaknya ikut dikubur deh ke liang lahat

    seneng banget neh rada narsis hehe…. yuuu

    Reply

  59. Posted by sari on April 25, 2009 at 3:36 pm

    aku udh make setahun. katanya 2 tahun…
    doakan cepat selese…
    pegel juga kadang”…
    hhee….
    tp, kdg kawat yd diujung ngoyakin dinding-dinding dalam..
    wuiii. sakit sih..
    tp kdg…
    semangat !!

    Reply

  60. Posted by ziza on May 4, 2009 at 8:41 am

    duhhh.di mna sih nyari behel yang murah
    yahhh 1 jt’an gtu deh
    tlong catetin alamat and numb tlpn’a dund thx

    Reply

  61. hai…
    aq zi,,
    aq salah satu orang yang giginya bermasalah,,
    atau bhasa kasarnya tonggos,,
    tapi anehnya gusi aku jga nongol..
    ya sekitar 2 / 3 cm gigi aq keluar,,
    aq mau minta olusinya,,
    umur aq 16 thun,,
    nanty kirim ke lamat email aq jha ia…..
    elijah_kiki@yhoo.co.id
    makasih

    Reply

  62. Posted by cindy on June 19, 2009 at 6:25 am

    mu tanya ada behel yang bgus murah d daerah bdg g???
    lagi mau pasang nii

    Reply

  63. Posted by Purnama on June 28, 2009 at 3:04 am

    heii semuah.. aku mau sharing..
    gigiku tuh kayak kejepit sama yang sebelahnya.. gimana yaa ngejelasinnya.. giginya itu jadi maju (gigi depan yang biasanya dibilang gigi kelinci)sama sebelahnya. trus,sama yang bagian bawah agak berantakan jugaa.. tapi ga parah-parah banget. aku jadi bingung antara pakai behel sama ga pakai behel… abis emang sih ga beram=ntakan-berantakan banget… ^^
    ya kata papaku gigi miring juga bikin keliatan cantik. hhhe…
    nah,kalau menurut kalian semua aku jadi di behel ga yaa? ^^ binguuuuung

    Reply

  64. Posted by Ian on June 29, 2009 at 8:41 pm

    Mb’ saya mw tny klw mw psng behel yg murah d.Jogja d.Mn ia??.Cz ak pgn psng cma ats saja.
    Klw bs 1jt gt!.
    Trimz

    Reply

  65. Posted by silfi on July 6, 2009 at 1:42 pm

    hi ak silfi 17 thn ,, ak mao sharing
    gny ak pngen dbehel giginya
    tpi banyak iank ngga nyetujuin ak buat ngebehel gigi, dkomenin kakaklah, ortu humft :(,, sualnah bnyak iank bilang klo dbehel itu sakiit and bs bkind tulang gigina jdi seret gtoh ktana (bener ngga sich??)!!
    emank sakit ngga sich ??
    truz type behel itu ad ap adjah? coz ad iank bilang ad iank permanent ad jg iank bs bongkar pasang??
    ntr krim lwat e mail ajah di cilphi_gokilz@yahoo.com
    thx be vo =)

    Reply

  66. Posted by 125 on July 8, 2009 at 1:28 pm

    aduh…udah skitar 3 mingguan pasang behel..
    dah lepas 2 x ni..
    baru aja tadi gw makan nasi goreng pete, eh lepas bracketnya..
    aduh2..ribet juga ya…kalo yg pertama gw lepas belakangannya di ring yang ada di gigi…
    tapi slama pemasangan behel, gw cuma merasakan sakit 2 harian…itu pun bukan sakit, cuma ngilu2 dikit doank…waktu masangnya pun kagak sakit, cuma stelah masang aja rasanya baru mlai ngilu..
    so tenang aja kalo mau masang behel..paling bagian ga enaknya cuma di cabut gigi….>.<

    Reply

  67. Posted by Dhee nia on July 9, 2009 at 8:54 am

    Halow… Cmua! Aq mw psg behel jg nieh!
    Tp rd2 mlu k d0kter ny, alny gi2 dpn rada2 gisul, trus gusi ny tengelam…

    Trus klu psg behel dgn k0ndisi gi2 sprti kira2 brp?

    Reply

  68. Posted by mitshi on July 10, 2009 at 4:43 am

    haloo …
    ak rencananya mau pasang behel . buat ngerapiin giginya . tpi ada satu gigi yg belum tumbuh masih setengah . jadi gimana donk . dipasang ap ntar dulu ?sama kalo cari behel yang murah da gaa yaa d bwah 2 juta ?

    Reply

  69. w pengen pasang behel d daerah bandung yang murah dmn y???
    budget 2jt ats’a duank
    kl ada yg tw ksh tw w y

    Reply

  70. Posted by Fuad on August 8, 2009 at 6:01 pm

    euy.. Temen2..

    Aq FUAD dari Medan,
    kemarin baru ja Aq pasang behel nue…
    bagi2 infona dunkz temen2..

    ni fb aq: fuadyx@gmail.com

    Reply

  71. Posted by Fuad on August 17, 2009 at 3:57 pm

    Dah jalan Seminggu ni Aq pasang behel temen2

    Reply

  72. Posted by no name (call me miss) on August 26, 2009 at 5:16 am

    behel harga di bawah 1 juta ada gak ?

    Reply

  73. aku dh lma donk msang bhel jd gak ngrsa skit lg

    Reply

  74. Posted by elis on September 11, 2009 at 3:09 pm

    pasang behel murah dimana yah?
    ada yang bisa di hubungin…
    ada gak pasang behel atas bawah harga nya gak lebih dari 3jt????

    Reply

  75. Posted by imenk on September 11, 2009 at 9:30 pm

    pengen bgt pasang behel tp cm bwt gaya** kira** ada ga yg yg bs di lepas ma pasang sesuka qt,,????
    trz harga’ a brapa,,,???

    Reply

    • Posted by kartikasari08 on September 12, 2009 at 2:57 am

      Hi Imenk.. Mungkin maksud kamu adalah kawat gigi biasa yaa…Kalo yang di lepas2 sesuka hati itu bukan behel .. Behel itu kawat gigi yang permanen/ cekat alias tidak bisa di copot2 sesuka hati.. bisa sih copot dan pasang lagi ma dokternya.. tp itu kalo punya banyak uang ngganggur hueeuhue ..
      tp kalo aku sayang yah uangnya buat gaya2 ajah.. mending beliin baju aja yang lebih jelas bikin kita tambah keren, ato sunglasses , ato motor sekalian.. hohohohho

      Reply

  76. Aku rencananya mau pasang behel, coz gigiku kelinci gt n bwah’a ga gt rapih..
    Trus klo msal’a dsuruh cbut gigi nyampe 3 atau 4 gt, apa giginya msh bs tmbuh?? Scara umurku dah hmpir 18thn..

    Trus ada yg tau gag tempat yang bagus wad pasang behel di wilayah jak-bar?
    Tp yg murah2 ja gt, yg dbwh 5 jtaan..
    PLIZ help me..
    Email/fb me ; siibebek_ndaa@yahoo.co.id

    Reply

  77. Posted by ollyvia dwi tamaraa on September 16, 2009 at 12:10 pm

    wahhhh…gue sbell bget pass bru bru psang bheel,,
    rsaanya skid,,bibir jdi manyuun,,truss gak bsa bobok,gax bsaa mkan pkoknya gx bsaa ngapangapain..
    aplagi yg d cbutt 6 biji gigi gua…

    y ampuuuun dokternya aja ampe ktawa ngeliat gigi gue…
    gue sdih nieee,,
    gue tkud gigi gue gx bsa jdi rpihhh,,,
    bntuuin dunXXX.

    Reply

  78. Posted by ollyvia dwi tamaraa on September 16, 2009 at 12:12 pm

    wahhhh…gue sbell bget pass bru bru psang bheel,,
    rsaanya skid,,bibir jdi manyuun,,truss gak bsa bobok,gax bsaa mkan pkoknya gx bsaa ngapangapain..
    aplagi yg d cbutt 6 biji gigi gua…

    y ampuuuun dokternya aja ampe ktawa ngeliat gigi gue…
    gue sdih nieee,,
    gue tkud gigi gue gx bsa jdi rpihhh,,,
    bntuuin dunXXX.
    fb gue. olive23_lollibe@yahoo.co.id..
    gue tggu ya para BEHELERS

    Reply

  79. @0lyvia
    hah? 6 gigi yg dicabut?
    aih,, umur u brp?
    Bsa numbuh lg ga c?
    W jd tkud kga sa numbuh agi..

    Reply

  80. Posted by anyviea on September 24, 2009 at 2:29 am

    aku mau pasang behel…tapi harga’a mahal yy???

    Reply

  81. Posted by putra on September 26, 2009 at 4:13 am

    kira” ada gak ya tempay masang behel daerah palembang yang murah ?

    please………

    Reply

  82. please temen-temen……….

    kasi tau gw donk tempat masang behel yang murah di palembang…

    yang gak spesialis juga gpp…….hha hha

    Reply

  83. Posted by cenuLnanLuCu on September 28, 2009 at 5:34 pm

    aqu udah 4 bulan pasang behel n murah!!cm 3 juta atas bawah!!
    kbrin ke aqu klo ada yg mau!!
    08561916500

    Reply

  84. Posted by sari on September 29, 2009 at 11:47 am

    aq dh pasang behel selam 4 bln, awal na cih ngeri klo d bayangkn dan sangat menganggu tuk selera mkn. slam 1 minggu pmkaian aq ga bs makan dengan lancar. yg di makan cuma bs bubur. tp stelah beberapa minggu kemudian rasa sariawan, ngilu,hingga mulut terasa kaku itu hilang. selama perawatan tiap bulan nya aq ngera terbiasa dan merasa PD dan makan pun jadi lancar. semua berkat dokter spesialis aq yang sudah berpengalaman

    Reply

  85. Posted by jimbrut on October 3, 2009 at 4:49 pm

    bwt cenul yg lucu kamu pasang behelnya di daerah mana?thx.

    Reply

  86. Posted by ainie on October 20, 2009 at 7:20 am

    emang keuntungan pake behel tu apa???

    Reply

  87. menderita banget tiap makan kegigit gigi taring atas yang miring…geraham bawahku juga mulai bergeser jadi tiduran…huhu….ngeri banget, kok gigi2ku pada kliaran giniiii…!!!…heuheu….T,T…..awalnya takut, tapi udah baca pengalaman kalian akhirnya kuputuskan juga mau pake behel…….tapi tetep aja deg2an….kata dokter specialist ortho, rahangku terlalu sempit buat nampung semua gigi, yang kbetulan tumbuh semua dengan ‘suburnya’….alhasil kalo mau beres ya harus cabut 4 gigi, tapi ga rela kalo 4 aku mau nego jadi 2 aja deh……hikz….btw, ceritain dong kalo udah pasang behel, perawatannya diapain aja sama dokter?….makasih sebelumnya ya, aku jadi tahu banyak….doa’kan aku juga ya….rrr….deg2an nih…..

    Reply

    • haaaiii,,, aku udah krng lbh 1bln pke behel,, aku juga sama dicabut 4 gigi cz rahang n mulutnya ga muat menampung gigiku yg gde2, hehehehe,, bbrp hr k dpn aku br mo kntrol u/dikencengin n gnti karet trs psng behel yg bwh.. waktu awal2 pake siy emng susah mkn, klo ngunyah makanan jd linu,, tp tu cuma bbrp hr ko, stelah itu mkn normal lagi,, he3 setelh agak kurusan dikit eh jd gndut lg deh klo udah enak mkn lg,, he3.. ayo semangat… nikmati aja fase2 pake behel soalnya seru,, he3…

      Reply

  88. Posted by gusti zainal on November 13, 2009 at 4:40 pm

    Mau dong pasang behel disampit ada ga

    Reply

  89. Posted by citra on November 15, 2009 at 1:55 pm

    dimana tuh yang behel di bawah 1 juta,di jakarta barat ada ga?

    Reply

  90. Posted by citra on November 15, 2009 at 2:03 pm

    aku mau pasang,,,di cinere sih.cz kaka juga pasang disana.tp aku mau tau ada a sih tempat pasang behel kurang dari 1 juta?

    Reply

  91. Posted by qysa on November 29, 2009 at 6:38 am

    Mnta nmr pasang behel yg 2jt kbawah dong!klo ada si yg 1jtan.
    Di daerah tangerang atau ga skitarnya jg gpp.
    Jabotabek.
    Daerah jkrtaa jg gpp.
    Tlg email k aku ya di qy_cwemaniz@yahoo.co.id/rizkimuliawaty@yahoo.com

    Kbrin yaaa :)
    Mksh

    Reply

  92. Posted by aina on December 10, 2009 at 6:11 am

    All kalo ada yg tau tmpt behel yg murah skitar 2-3 jt daerah bandung pls ksh tau yaaah email aja heyaina@yahoo.com thx

    Reply

  93. Posted by kiyah on December 11, 2009 at 4:16 am

    Aku mo tanya…???aku hampir seminggu pake bghel…???

    krn tkt terbentuk nya karang gigi di selah2..makanya aku setiap hbs makan sll sikat gigit…???

    jd terlalu berlebihan….hampir 4 sampai 5X.apa…itu bsa membuat kawat gigi cpt rusak atau biasa..aj..apa mlh kebalikannya…menjd bgus…???

    yg tw tolong jwb ya guys…???

    Reply

  94. aii.. aq ru pasang behel 1 hari baru yang atasnya ajaa… sebelumnya dempet di ronsen dulu dan kata dokternya mesti dicabut 4. kebetulan yg baru dicabut 2 gigi bagian atas sekaligus dan mgu berikutnya langsung pasang behel atas.. rasanya lumayan pas dipasang behel gak bisa makan n lumayan nyut2an.. mgu depan baru mau cabut yang bawah nii.. duh rasanya ngeri juga nii kalau ada yg ompong bikin gak pd.. kira2 kalau udah dicabut n dipasang behelnya berapa lama bakalan rapet nya ya?????? kan malu juga gak bisa buka mulut lebar2…
    gigi yang paling belakang bawah juga bermasalah mesti di operasi krn posisinya tiduran… kta yg udh pernah rasanya sakiit banget.. duh gmna ya harus gak sii???? tuk perawanatnnya gmna???
    bantuuiin aq yaa..
    makasiih..

    Reply

  95. Posted by annette on December 13, 2009 at 5:19 pm

    Yg mau beli behel 1,1 juta yg biasa n yg transparant 1,3.tinggal pasang di ahli gigi atau ga drg umum tinggal bayar ongkos.kl ada yg berminat hub aku yah 0818153984

    Reply

  96. Posted by martha on December 13, 2009 at 5:24 pm

    Hai aku jual behel loh yg biasa 1,1
    Yg tranparant 1,4
    Tinggal pasang di ahli gigi atau ga drg umum bs kok tinggal bayar ongkos pemasangan
    Kl ada yg berminat hub aku yah 0818153984

    Reply

  97. Posted by echy on December 29, 2009 at 4:07 pm

    haii . mo sharing dong . aku kan mau psng behel nih . tau ga dr ortodonti yg bagus tp murah di samarinda ? trus kta mama aku kalau psng behel tar gingsulnya aku ilang jd ga manis lg . gt ktanya . ak bngung nihh . oiya tar klo psng behel apa buat bibir jadi kilum ato monyonh ga ? aku mo psng behel pengen rapiin gigi yg krng rapih aja sih . mnurut kamu bagus yg gmana sih ? yg transparant, ato warna gt ?

    plliiss jwb yaa . via email aja : echyhoyoo@yahoo.com

    thx b4 ^^

    Reply

  98. Posted by Misra on January 5, 2010 at 4:14 am

    Klo d plembang dmna ya psang behel yg bgus sklgus yg murah..?
    trus proses pmsangany itu brpa hari y?ap wkt dteng k dokerny lsg dpsangin behelny?

    Reply

  99. Posted by linda on January 8, 2010 at 3:02 am

    kalo pasang behel atas-bawah di RSGM UI,,ada yang tau gaa brapa biayanya kira-kira (yg biasa aja) ??Trus kalo yg ahli gigi itu sebenernya drg juga bukan sihh ??makasi sebelumnya

    Reply

    • yg psti klo mo psng behel lebih baik di dkter spesialis orthodonthi aja say.. kyny klo ahli gigi agak serem deh dngernya juga.. he3..

      Reply

  100. Posted by ara on January 8, 2010 at 8:28 pm

    jual behel yak?krm infonya dunk k w di aya_bm2007@yahoo.co.id
    alna aq d jogja,,,tq

    Reply

  101. Posted by jessy on January 12, 2010 at 10:25 am

    aku pgn di behel dong tapi pgn lepas pasang . cuman buat variasii gigi aja
    kira2 brp yaa biaya.a ? trs dmna tempat.a ? bls ok :) maksiii

    Reply

  102. hey,
    aku mau pasg behel
    yg murah di smg dman ya ?

    repp email y : tani_tanz@yahoo.com
    thx a bunch

    Reply

  103. hey,
    aku mau pasg behel
    yg murah di smg dman ya ?

    repp email y : tani_tanz@yahoo.com
    thx a bunch

    Reply

    Reply

  104. Posted by lia on January 15, 2010 at 11:03 pm

    all.. ada yg tau ga harga pasang behel (yg specialis ortodonti) yg bagus n murah di bdg, dmn? thx

    Reply

    • kt dkter aku siy di bdg ada di sekeloa, tp aku lupa lgi nama tempatnya apa, klo ga slh disitu dkternya yg msh pada Koas gt tp udah legal, trs ktnya klo di klinik unpad itu ada jg yg murah tp itu ilegal cz ktnya bukan dkter ortho..
      tp tmn aku ada yg psng di klinik unpad atas bwh 5jutaan n sama dktr ortho.. kyny siy yg di sekeloa itu blh dicoba tp aku sndiri lupa alamat pstinya n hrgnya brp… he3..

      Reply

    • Posted by dian on January 27, 2010 at 2:04 pm

      Oo..yg di sekeloa itu namanya RSGM (Rumah Sakit Gigi & Mulut) punyanya FKG UNPAD, yg ngerjain memang anak2 koas tp diawasin ma dokternya, krn ngantri qt kudu daftar dl trs dipanggilnya bs miniman 1 tahun kemudian. Harga mmg lbh terjangkau..

      Aq tau spesialis ortodonti jg (kalo ga slh lulusan UNPAD jg), namanya Drg.Hanny M. Turangga, Sp.Ort. Prakter di JL. Buah Batu setiap hr Jumat minggu pertama tiap bulan. Aq blm pernah ditanganin sih tp beliau rekomendasinya dokter gigi aq (spesialis prostodonti) yg praktek di tempat yg sama..

      Reply

  105. PROMO BEHEL DATANG LAGI, SEMUA BANTING HARGA! -PASANG BEHEL STANDART ATAS BAWAH 2.5 JTA, -BEHEL LEPASAN ATAS BAWAH 1.8 JTA, -PASANG BEHEL FASHION BRACKET ATAS BAWAH 3.5 JTA, -PASANG BEHEL TRANSPARAN ATAS BAWAH 5.5 JTA. -melayani daerah jabodetabek,dan semarang. Keterangan lebih lanjut sms ke 087833030908,

    Reply

  106. Posted by rhere on January 23, 2010 at 6:21 pm

    alloow smua..
    aku minta info pasang behel yg di jaksel budget 1-2 jutaan doonk..
    kl ga yg 1 juta lbih dikit boleh lah..
    info ke gw yiaa..
    085717857927.tengkyu..

    Reply

  107. Posted by deayuliarahman on March 13, 2010 at 4:09 pm

    tolong infonya pasang behel murah n bagus di bandung di mana yaa selain di fkg unpad? harus waitinglist setaun kalo di sana.. harganya kalo bisa 2-3juta. email ke pho_cy@yahoo.com yaa.. thx.

    Reply

  108. Posted by marrel on March 23, 2010 at 4:27 am

    detik2 pemasangan behel….bikin aq tkut/ragu..!!sebenarnya gi2 aq pd rapi,berhubung krn mengalami kecelakaan 2bulan lalu..gigi depan atas aq patah dan akirnya aq putuskan untk pasang gigi palsu permanen!!selain ntuh…..akibat dri kecelakaan,rahang aq miring ke kanan dan merubah struktur gigi aq yg mana aq ngga bsa menggigit plastik apabila aq mw buka makanan ringan yg dikemas dlm plastik.Apa perlu aq menggunakan behel klo kasus gigi aq cm kek gtu doang?trus….apa bsa setelah pemasangan gigi palsu permanen selama 1minggu langsung melakukan pemasangan behel?Tlg infonya dund kirimkan ke alamat email aq:marmelltarenelli@yahoo.com Thnx_

    Reply

  109. Posted by Reja on March 31, 2010 at 6:28 am

    Umur gw 16, Gw da masalah ma gigi gw, coz gigi dan gusi gw manyun. Kira2 di daerah medan di mana da tmpt buat masang behel yg murah dan bisa expert. Helpme.

    Reply

  110. Posted by Qyqy on April 3, 2010 at 6:22 am

    aku mau pasang behel nih, rumah aku dibekasi, ada yg bisa kasih info gak? ortho dibekasi yg murah tapi berkualitas budget 2-4jutaan gitu yah. please kirim info ke email aku ya, qyqyajah@rocketmail.com thanks

    Reply

  111. Posted by kartikasari08 on April 15, 2010 at 9:53 am

    tp aman ga nih Pak Sendy.. ada yang menjamin ga, sampai perawatannya selesai? apakah dikontrol oleh ahlinya?khawatirnya setelah pasang, pasiennya ditinggalkan begitu saja.

    Reply

  112. Posted by anca on April 17, 2010 at 1:56 am

    Bagusan mana behel permanen ataw yg bokar pasang !
    .trz jangka waktu u/ perbaikan giginya tuh berapa lama, soalx quw pengen pakai beheL mhn infonya … :)

    Reply

  113. Posted by Emily on April 30, 2010 at 3:17 am

    Aq pasang behel aga jauh dari rumah,
    lama kelamaan aq jadi aga males prawatan karna jauh nya itu,
    kbetulan didekat rumah ada dokter gigi,
    qr2 bisa pindah perawatan disitu ga yah?

    Reply

  114. ak udah mau sminggu pake behel.
    awal nya skit tapi lama kelama.an ggpp
    ak mw tnya karet yg warna-warni ny itu kok smkin ak perhatiin smkin cepet memudar ya?>
    gmana caranya biar ga pudar?

    Reply

  115. Posted by bella on May 4, 2010 at 7:56 am

    tpi g mana lok gigi na yang dua kedepan trus sebelah na kebelakang..

    apakah itu masih bisa di perbaiki..??

    dan + karang gigi..???

    tolong kirimkan infonya di belladini@roketmail.com

    Reply

  116. Heheheh jadi rajin berkunjung ke blog nyaaaaa :)

    karena banyak baca artikel tt behel :p

    rencana mau pasang jugaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !!
    Doakan berhasil yaaak :) hehehe

    Reply

  117. jadi rajin baca blog nya :)
    krn rencana mo pasang behel juga

    thx info infonya :) bermanfaat

    doakan saya berhasil yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Reply

  118. Gw pasang behel udah hampir dua minggu ini, Paling sakit sih pas awal pake separator. Amit2 dah sakitnya, Gak bisa makan … tapi pas pake behel, huhuhu … gak sakit tuh … cuman paling kebaret2 dikit, jadi sariawan ringan .. pake abothyl juga sembuh, trus buat nyegah karang gigi pake mouthwash, yang penting rajin, Gw baru pasang yang bawah aja sih, katanya abis tiga minggu bru balik lagi ke drg, nya soalnya gigi bawah gue tralu keatas … hohoho … bru dua minggu juga, dari sepuluh, udah ada lima yang lepas .. ajegile, cara makan gw ato sikat gigi gw yang salah ya … tinggal nunggu seminggu lagi …
    Buat yang mau pasang, semangat ya …

    Reply

  119. Posted by g_by on June 2, 2010 at 11:40 am

    Pasang kawat gigi sakit gak???
    klo sakit sesakita apa??
    ada solusinya gak….??

    Reply

  120. Posted by ratri on June 7, 2010 at 8:17 am

    dok, pasang behel termurah dimana?kira2 brapa bln pake behelya?

    Reply

  121. Halloww all..

    aku dah 3 minggu pasang behel… awalnya ngilu.. gigi depan jd ga bisa gigit (burger, apel dll >..< trus setelah pake behel, gigiku serasa tambah kuningg.. walopun aku sering sikat gigi.. yaaaah.. sedih dhe akuuu… shareee duunnkkk temas temasss..

    Cerita dunk temen temen

    Reply

  122. Halloww all..

    aku dah 3 minggu pasang behel… awalnya ngilu.. gigi depan jd ga bisa gigit (burger, apel dll >..< trus setelah pake behel, gigiku serasa tambah kuningg.. walopun aku sering sikat gigi.. yaaaah.. sedih dhe akuuu… shareee duunnkkk temas temasss..
    Cerita dunk temen temen …

    Reply

  123. Posted by nda on June 25, 2010 at 2:49 am

    aq mau psang behel …
    tp msh ragu bgt …
    blum lg takut milih dkter yg salah …trus jg
    takut bibir aq jd tmbh dower,nafas jd bau,gigi’a kuning,sariawan,wah serba serbi dah ,,,
    kasih solusi’a donk …

    Reply

  124. Posted by Okta on July 9, 2010 at 6:23 am

    ak br pk behel sekitar 3 mingguan. 2 mngguan sakit, ngilu2, makannya bubur. Dan kl ganti karet jg msh sakit.
    Mslh gigi krn gigi seri atas renggang, trnyt krn ada gusi yg turun disela 2 gigi jdnya renggang. Jdnya tu gusi di operasi trs dijahit. Rasanya? Sakit! Apalagi disuntiknya. Wow! 1 mngg kmdian pasang behel dh. Tp untung dokternya baik, jd seneng kl kontrol ^^ harganya 3juta di RSGM Soedomo (t4nya di fkg UGM) selamat mencoba!

    Reply

  125. Posted by BEHEL GIGIKU on July 27, 2010 at 1:29 pm

    haii,, haii,, haii …
    bagi kalian yg ingin berbeheL disni tempatnya ….

    PERMANEN :
    – ATAS BAWAH : 3.5 JT.
    – ATAS OR BAWAH AJA : 2 JT .
    LEPAS PASANG YG PAKAI BRAKET :
    – ATAS BAWAH : 2jt.
    – ATAS OR BAWAH AJA : 1.3 JT

    TRANSPARAN :
    – ATAS BAWAH : 5 JT
    – ATAS OR BAWAH AJA : 3 JT

    Pemasangan & kontroL di tempat km ..
    Gag perLu takut,, karna yg masang speciaLis ORTHO yg sudah berpengaLaman & mempunyai izin..
    Pembayaran di tempat km Langsung,, seteLah Pemasangan .
    CASH ..
    tidak bisa di angsur ..
    ORDER HUB: 085716447699,, 085695726392

    Reply

  126. Posted by uphie on July 27, 2010 at 2:24 pm

    eh behel dengan merek china dan usa apa bedanya sih?

    Reply

    • Posted by kartikasari08 on July 28, 2010 at 1:23 am

      Kalau Merk Cina biasanya itu behel tiruan Mba Uphie ( kw 1 , kw 2) kualitas dan kekuatan behel jauh berbeda dengan yang asli buatan USA ( contoh merk Ormco, Time brackets dari American Orthodontics, SmartClipTM Brackets dari 3M Unitek, SPEED, atau Damon brackets)

      Reply

  127. Posted by gembil on August 17, 2010 at 6:07 pm

    sekedar info
    pasang behel murah jogja sekitar 2jtan

    Reply

  128. Posted by Nyunyu FaFa on August 26, 2010 at 10:51 pm

    ass….
    W stelah pasang Behel,,,W Susah ngomong,,,,hehe Jd Malu.
    Tips bwt cegah Sariawan ada ngga,,,,???

    Reply

  129. Posted by dian on September 4, 2010 at 2:08 pm

    KAKA, finally officially gw pk behel jg sejak 6 Mei 2010 (berarti skrg dah 4 bln)! Setelah tanya2 orthodontist di lampung, trs ngecek: 1) drg.Budiono, Sp.Ort (Dental House Jl.Wolter Monginsidi), denger2 harganya mahal, masuk akal c coz kliniknya keren bgt gt; 2) drg.Edi Susanto,Sp.Ort (Villa Citra), dokternya cm 1 bln sekali ke lampung, agak repot kalo ada keadaan darurat, ex: da yg lepas, dsb; 3) drg.IWAN ADRIAN, Sp.Ort (Jl.Yos Sudarso, Teluk Betung), praktek dr Senin-Jumat, pagi-malem tp buat jadwal dl ke asistennya —–> akhirnya pilihan gw jatuh ke drg.Iwan. Bs konsul dl, free! Ada beberapa pilihan behel tp gw pilih yg biasa aja, which is 8JT, blh nyicil! Pas pasang pertama byr separonya, sisanya dicicil 500rb/bln mpe lunas. Biaya kontrol/bln 150 rb. Gigi yg dicabut 4 tp bertahap 1 gigi bln, biaya cabutnya 150rb/gigi. Kalo perlu dirontgen disitu jg lgsg ada alatnya. Dokternya baik loh, kalo pas treatmentnya agak bnyk, misal:kontrol bulanan+da yg dicabut ato sm rontgen suka diDISKON gt. 1 minggu pertama emang susah mkn, sebaiknya mkn yg lembut2 aja, tp udahnya biasa lg. Kalo sariawan temen yg udah pake duluan nyaranin KENALOG, tp alhamdulillah ga pernah sariawan tuh! Perubahannya udah keliatan skrg, hehe.

    Oya drg.Iwan kalo sabtu&minggu praktek jg loh di Bintaro. Trs istrinya lg ngambil spesialis prostodonti, praktek di tempat yg sama di rmh mereka yg di Bintaro itu.

    Moga infonya berguna ya temen2, selamat berbehel-behel ria ^.^

    Reply

    • Posted by Tinah on April 2, 2013 at 1:59 pm

      Mohon infonya, alamat lengkapnya dimana ya dan nomer telp drg iwan brp ya?
      Thx a lot for the info

      Reply

  130. Posted by sIsCha safrIe YaNi on September 28, 2010 at 3:02 am

    iH awaL na Aq Takut Baget Pakek beleL,takut d sangkaIn lucu lah aneh lah………;))

    tp coba nekaT ajah demI mempercantik diri,maslah gigi q seh g berat2 amaT cmn agaK tertimpa ajah,tp uh pertama d pakek sakit bgt g bisa mKn ap yg q sk,,,,,:))
    tp lama2 asik juga bisa d jadIkan aJang buad dayet gitu alhasil aq baru pakek behel 1 bln pe beraT BadaN q dh Tun 3 Kg…;))

    asik seh pe ribet juga mesTi perawatan Kontrol…..;((

    tIps buaD NgerawaT beHel yang g Nyiksa diri aD g??

    Reply

  131. Ke FKG Unair aja, 3.5 jt udah bisa pasang behel dengan peraweatannyaa…

    Reply

  132. Posted by meidy on October 24, 2010 at 12:31 am

    pegen sihh di behel tapi cuma bwat gaya doank ,,
    sebenernya gigi aku udh rapihh ,,
    kalo udh rapih gigi di behel nambah gmna tuh giginya ??
    kalo misalnya ga berdampak apa” aku mau di behell .

    bless ya tolong :D

    Reply

  133. Posted by nurii :) on November 18, 2010 at 8:36 am

    dear all,

    aku baru aja pasang behel neh , pipi kanan ku knpa bengkak yah,,sakit ngilu gtu deh..
    pake obat aph ya?kesiksa bged rsanya klo mkan baso apa lagi .. uugghhh..

    pls kasi tau yah pke obat aph :)
    tq,,

    Reply

  134. Posted by Thasya on December 11, 2010 at 8:22 am

    Kak Tika, aku mau tny nih. drg.Edi Susanto yg di villa citra itu, kl praktek di jkt dimana ya alamat lengkapnya? sm no telfnya.
    aku mau pasang atas bawah brp ya kira2 dan biaya controlnya brp?

    Reply

  135. emmh boleh juga tuh di coba saran_saran nya ?

    Reply

  136. temen gw mo pasang juga nih…
    klo di bogor ada yg tau lokasi yg bgus ga?
    tx

    Reply

  137. Posted by vina on December 15, 2010 at 6:45 am

    asalamualaikum :)
    mw tanya2 neh, kalo buat psng behel di bandung dimana yah ? (selain yg Drg.Hanny M. Turangga. Sp. Ort .. yg praktek di buah batu itu, cz kalo waitinglistnya nyampe stahun kelamaan .. hehe)
    tpi yg specialis orthodonti n harganya terjangkau gtu, budget ku 2,5 jutaan .. (klo bsa alamat lengkapnya yah)

    repp ya :)
    thx b4 all

    Reply

  138. klu gw ndk Lm pake behel undk 2thn ,kayax undk bosan krn udk terlalu byk yg make’dulu gw pasang hrgx 4jt tapi yg keramic ….
    gw cuma mau tax emang mahalx kawet yg berwarna seperti merah,putih,ungu,kuning dll….?habis klu aku bosan sering ganti tp,krn terlalu mahal uang tabung habis terus hanya untuk bergaya….?coba ada yg murah???

    Reply

  139. Posted by ucy on January 14, 2011 at 3:50 am

    pengen pake behel tapi dokter nya gda yg berani cabut gigi krn pernah oprasi thyroid, padahal gigi bawah ada yang bolong. pgn banget pakeeeee gigi saya berantakan bawahnya :'(

    Reply

  140. Posted by chika on March 21, 2011 at 4:26 am

    rasanya ngiluu pake behel udah gitu ga bisa tidur ,,
    ada yang tau ga obat mencegah sariawan nya apaa?? plizz bantuin cz udah menderita banget T,T

    oiyaa aku mau rekomen nih ,, kalo awal2 pake behel itu sikat giginya harus pelan2 trus perlahan,, sikat giginya ORAL-B yg ada tulisan ortho nya :)
    jangan lupa kumur2 pake listerine yang warna biru cz itu untuk mencegah karang gigi

    Reply

  141. Posted by mbekk on October 2, 2011 at 1:21 pm

    mau share ni…kali aja ada temen2 yang mau pasang kawat tapi masih bingung mutusin, kayak aku kmren…

    baru mau pasang kawat gigi ni,,,
    kmren udah dicopot giginya (P4) 4 buah, geraham kecil atas n bawah
    besok tinggal pasang kawatnya
    di dokter orthodonti deket RS tria dipa pancoran, disana juga ada ahli bedah mulutnya, kmren gigiku dicabut ahli bedah mulutnya
    8 juta. udah trmasuk cabut dll.

    kmren juga pernah ke RSGM UI,
    disana klo yang nangani PPDGS (drg yang sedang ngambil spesialis orthodonti) 5-8 juta tergantung kasus, tapi kudu waiting list dulu sekitar 1-3 bulan, n prakteknya senin- jumat jam 8-10.30 pagi.
    klo mau yang dokter spesialisnya 8-13 juta tergantung kasus, jam praktek 9- 3 sore,, ada dokter yang bisa sampe sabtu..

    karena alasan lokasi n harga yg lebih ekonomis aq pasang di dental klinik( dkternya speasialis orthodonti juga)

    saran ku sih utk yang pengen pasang kawat gigi mending ke spesialis orthodonti, sebelum memutuskan pasang aq udah searcing2 n baca pengalaman temen2 lain yang udh pasang n beberapa forum drg, untuk ppdgs yang ga ngambil untung aja 5-8 juta,, apalagi dokter prakter lain yang ambil untung… so.. jangan terpengaruh dg harga murah daripada nanti ada resiko negatif,.. udah bayar mahal malah ga bagus hasilnya n berbahaya…

    Reply

    • Posted by Linda on May 16, 2013 at 5:10 pm

      Boleh tanya info alamat dan no telpon yg di deket rs tria dipa itu? Kirim ke nomer saya ya tolong 083872689139

      Reply

  142. Posted by Thomas on September 13, 2013 at 6:41 pm

    Kalo sementara make behel,trus mati,nie gimana,apakah di kubur dngn behel,ato behel nya di lepas dulu,trus di kubur??

    Reply

  143. Posted by dewi yuliana ulfa on December 24, 2013 at 1:59 am

    gusi sya bengkak setlh pke behel.. gak tahan sakitnya.. mau minum obat bingung obat apa.. menggangu aktivitas kerja aja.. mingkem aja susah..
    produksi air liur jg smkin banyak. mau dicopot tpi takut lagi perawatan. nanti malah efeknya tambah berantakan.

    gmn nech solusinya pleas help me

    Reply

  144. Posted by Shinta Wahyu Permatasari on January 11, 2014 at 1:09 pm

    Kalo ganti dokter atau rumah sakit gimana ya? Bayar ulang?

    Reply

  145. Posted by Fatimah Azzahra on March 10, 2014 at 12:42 am

    gw mau pake behel tapi cuma untuk gaya2 an dan mengikuti Trend

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: